HOME » BERITA » KOMPLET, TOYOTA INNOVA INI PUNYA DAPUR SAMPAI TOILET

Komplet, Toyota Innova Ini Punya Dapur Sampai Toilet

Mobil yang disulap menjadi rumah untuk traveling, bukan hal baru di luar negeri. Alih-alih menggunakan mobil berukuran besar, seseorang malah menggunakan Toyota Innova.

Selasa, 13 Oktober 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Komplet, Toyota Innova Ini Punya Dapur Sampai Toilet
Modifikasi Toyota Innova (Cartoq)

OTOSIA.COM - Rumah mobil mungkin tidak terlalu familiar di Indonesia. Tapi di beberapa negara, rumah mobil lebih mudah dijumpai, salah satunya di India.

Menariknya, di saat beberapa orang memilih mengugnakan Isuzu D-Max atau sejenisnya, seseorang lebih memilih Toyota Innova. Mobil MPV itu dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fasilitas lengkap seperti apartemen.

Ada kamar tidur, toiler hingga dapur. Dilansir dari Cartoq, pemilik Toyota Innova itu adalah seseorang yang memiliki kanal Youtube Travel with Abdukka dari kerala.

1 dari 4 Halaman

Cartoq

Dia memodifikasi Innova itu lantaran sering bepergian. Lantaran pandemi, sehingga dia lebih memilih untuk membuat mobilnya menjadi sebuah 'apartemen portable'.

Ada banyak hal yang dimodifikasi. Ada rak yang terdapat kompor gas, ada laci di bawahnya untuk menyimpan segala barang-barang.

Di samping, ada wastafel dengan air mengalir. Ada juga meja makan dan dua penampungan air 40 liter.

2 dari 4 Halaman

Cartoq

Ada juga pompa kompresor untuk memberikan tekanan untuk aliran air. Lalu ada toilet kering yang ditempatkan di bagian belakang mobil.

Toilet itu bisa dipakai di dalam mobil atau bisa dibaw akeluar untuk dipakai di dalam tenda. Kursi belakangnya disulap jadi tempat tidur ukuran double.

Kemudian, ada inverter yang digunakan untuk memberi daya pada kipas kecil atau mengisi daya perangkat, mengubah DC ke AC. Meskipun ada banyak bagian yang dimodifikasi, mobil itu masih memiliki kapasitas 5-penumpang yang nyaman.

3 dari 4 Halaman

Untuk mengubah Innova menjadi apartemen berjalan, dia butuh waktu 15 hari. Sayangnya tak diketahui berapa biaya yang dia habiskan untuk memiliki mobil luar biasa itu.

Dia sudah membawa Innova itu untuk berkeliling ke beberapa tempat. Dia berencana untuk bepergian bersama keluarga.

Mau tau videonya? Ada di bawah ini.

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR