HOME » BERITA » KOMUNITAS GSX NUSANTARA BELAJAR MENGENDALIKAN EGO DI JALAN

Komunitas GSX Nusantara Belajar Mengendalikan Ego di Jalan

Selasa, 09 Januari 2018 17:30

Komunitas GSX Nusantara Belajar Mengendalikan Ego di Jalan
Foto: Suzuki
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sepeda motor masih terus mendominasi angka kecelakaan di Indonesia dibandingkan roda empat. Hal ini juga berbading lurus dengan volume sepeda motor yang jumlahnya jauh di atas roda empat. Disamping faktor manusia, unsur teknis kendaraan juga menjadi penyebab lain tingginya kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

Bagaimana pun manusia memegang peranan utama dalam terjadinya kecelakaan. Ketidakdisiplinan berlalu lintas, kemampuan bermotor yang kurang, dan lemahnya kesadaran menggunakan atribut keselamatan berkendara menjadi penyebab tingginya fatalitas kecelakaan.


Menyadari hal ini, Suzuki GSX Community Nusantara menggelar kegiatan Safety Riding Course di Bike Corner Cafe, Jakarta Barat, belum lama berselang. Mengangkat tema ‘Ride Safely, Love Your Family’, kegiatan tersebut dilakukan seusai komunitas GSX melakukan sunday morning ride (sunmori)

Komunitas ini ingin fokus terhadap pentingnya pemahaman cara dan etika berkendara di jalan raya dengan baik dan benar, sekaligus berkontribusi dalam meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas di tahun 2018.


“Mari berkendara yang baik, aman untuk diri sendiri dan semua. Karena keselamatan dalam berlalu lintas itu bukan hanya menjadi program pemerintah saja ataupun kepolisian namun ini jg menjadi tanggung jawab kita sebagai pengendara kendaraan bermotor roda dua apalagi kita adalah organisasi GSX Community Nusantara,” imbuh Denmas Ilham Nugroho, Ketua Umum GSX Community Nusantara.

Kegitan tersebut dimulai dari Senayan, Jakarta Selatan. Sekitar 300 pemilik Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang didominasi anggota GSX Community Nusantara bertolak ke lokasi acara sambil menikmati sunmori perdana di tahun 2018.


Safety Riding Course yang bersamaan dengan penyambutan usia GSX Community Nusantara yang ke-1, didasari oleh kesadaran atas beragam peristiwa dan pengalaman yang dialami oleh setiap anggota dari Aceh hingga Papua. Pentingnya memahami karakter GSX-R150 maupun GSX-S150 serta pengendalian emosi atau ego sang pengendara dipandang menjadi pedoman utama sebelum memulai rutinitas berkendara setiap saat.

Sesi pembagian materi safety riding diisi oleh Saiful Anwar, sebagai perwakilan dari salah satu produsen merek helm Nasional, dengan pembahasan pentingnya keselamatan dan posisi berkendara yang aman dan nyaman.


Selain itu, ditambahkan pula materi coacing clinic tentang teknik pengereman dan menikung yang efektif dan efisien oleh Ade Taruna, sebagai mantan pembalap motor nasional.

Kegiatan tersebut dipersembahkan untuk seluruh anggota, simpatisan dan pengurus chapter dengan harapan menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara dalam komunitas, golongan, kelompok maupun keluarga.


“Alangkah baiknya jika edukasi ini kedepannya dapat menjadi hal yg berguna bagi kita.” Tutup Denmas Ilham Nugroho.

 (kpl/nzr/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-1-15
detail

BERITA POPULER