HOME » BERITA » KONDISI TREK TAK AMAN, TIGA BALAPAN MOTOGP INGGRIS DIBATALKAN

Kondisi Trek Tak Aman, Tiga Balapan MotoGP Inggris Dibatalkan

Minggu, 26 Agustus 2018 22:20
Jorge Lorenzo (c) Ducati

Otosia.com - Bola.net - Situasi tak biasa dialami penghuni paddock MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris akhir pekan ini. Dengan berat hati, Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) dan Dorna Sports selaku promotor MotoGP mengumumkan bahwa seluruh balapan pada Minggu (26/8) dibatalkan.
Keputusan ini diambil menyusul kondisi lintasan yang dinilai cukup berbahaya bagi para rider, mengingat hujan deras tak kunjung berhenti sejak sesi pemanasan dimulai pada pagi harinya.
Sesi balap MotoGP sejatinya hendak digelar pada pukul 19.00 WIB usai sesi balap Moto3. Namun Race Direction merombak jadwal ini usai sesi kualifikasi pada Sabtu (25/8), dengan sesi balap MotoGP dijadwalkan start pada pukul 17.30 WIB.
Keputusan perombakan jadwal ini menyusul kecelakaan hebat yang dialami lima pembalap MotoGP di sesi latihan bebas keempat (FP4). Insiden ini dinilai sebagai bukti bahwa lintasan Silverstone tak aman dilintasi dalam guyuran hujan.
Meski begitu, hujan deras justru mengguyur tanpa henti sejak pukul 17.30 WIB pada MInggu (26/8) dan balapan pun ditunda. Usai penantian selama beberapa jam, para rider dan pimpinan tim akhirnya menjalani rapat tertutup bersama IRTA pada pukul 21.30 WIB.
Dalam rapat ini, seluruh pihak sepakat bahwa lintasan Silverstone yang basah benar-benar tak aman digunakan untuk balapan, dan persetujuan pun diraih untuk membatalkan balapan baik MotoGP, Moto2 maupun Moto3.
Seri MotoGP berikutnya bakal digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino pada 7-9 September mendatang. (mgp/dhy)

BERI KOMENTAR