HOME » BERITA » KONSUMEN DAERAH BOLEH BELI MOBIL DI JAKARTA, ASAL...

Konsumen Daerah Boleh Beli Mobil di Jakarta, Asal...

Tak sedikit konsumen luar Jakarta yang memilih untuk membeli mobil atau motor di Ibu Kota. Alasannya, salah satunya soal ahrga yang lebih bersaing.

Kamis, 23 Agustus 2018 21:20 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Dok Otosia.com

OTOSIA.COM - Tak sedikit konsumen luar Jakarta yang memilih untuk membeli mobil atau motor di Ibu Kota. Alasannya, salah satunya soal ahrga yang lebih bersaing.

Dengan status on the road Jakarta atau Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, bekasi) terkadang jauh lebih murah. Hal ini menjadi sesuatu yang menggiurkan.

Lalu, bolehkah membeli dengan cara seperti itu?

CSD & Marcomm Departement Head Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani mengatakan cara tersebut sah-sah saja.

"Tetap (ada) STNK, pelat nomor jadi B (Jakarta). Kalau mau pelat nomor lain (daerah domisili konsumen) tidak bisa. Harus diambil (beli) di daerah," ujar Tantri kepada Liputan6.com, Kamis (23/8/2018).

Tantri tak menampik, beberapa konsumen di Auto2000 tak sedikit yang berasal dari luar Jakarta dan sekitarnya. Dia mencontohkan, bahkan ada konsumen yang ebrasal dari Kalimantan dan Lampung membeli mobil di Jakarta. Maka pelat nomor yang digunakan adalah B. Artinya, untuk pengurusan surat-surat termasuk STNK, pajak, dan lainnya di lakukan di Ibu Kota.

Tantri sendiri tak mengetahui secara detail mengapa konsumen memilih membeli mobil di Jakarta. Akan tetapi, lanjut dia, jika ingin melakukan mutasi dan segala macam, maka hal itu dilakukan oleh konsumen itu sendiri.

"Karena ada peraturannya. Di setiap pemda masing-masing (ada aturan/pajak yang berbeda), jadi tidak bisa," lanjutnya.

Kata Tantri, rata-rata konsumen yang membeli di Jakarta dan menggunakan STNK serta pelat nomor sesuai daerahnya adalah konsumen borongan atau fleet yang memiliki kantor pusat di Jakarta serta memiliki cabang di berbagai daerah.

"Perusahaan biasa deal di jakarta dan memiliki banyak cabang, jadi beda pelatnya. Itu deal khusus, jadi nanti dibantu cabang terkait," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR