HOME » BERITA » KONSUMEN HARUS JELI, BEGINI CARA BEDAKAN OLI ASLI ATAU PALSU

Konsumen Harus Jeli, Begini Cara Bedakan Oli Asli atau Palsu

Cara membedakan oli asli atau palsu bisa dilihat dari beberapa bagian. Konsumen juga harus jeli untuk bisa membedakan oli asli atau palsu.

Kamis, 18 April 2019 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Suzuki)

OTOSIA.COM - Kendati beberapa produsen pelumas sudah melakukan pengawasan dan antisipasi dengan membuat kemasan khusus, tetap saja ada celah yang dimanfaatkan oleh pelaku pemalsuan oli.

Untuk itu bikers juga harus jeli saat membeli pelumas sepeda motor sebab hingga saat ini masih ada oli-oli palsu yang beredar. Misalnya, beberapa waktu lalu polisi berhasil menagkap sindikat pemalsuan Federal Oil di Sleman Yogyakarta.

Sudah pasti oli palsu sangat merugikan dan berdampak pada kerusakan mesin yang serius. Apalagi spesifikasi atau kandungan teknologinya tidak jelas.

Tidak ingin konsumennya dirugikan atas peredaran oli palsu, PT Federal Karyatama selaku produsen Federal Oil melakukan sejumlah langkah untuk menutup ruang gerak pelaku.

Salah satunya adalah secara berkala melakukan perubahan-perubahan pada teknologi kemasan. Ini dilakukan untuk memudahkan konsumen mengetahui ciri khas mana oli asli dan palsu.

Menurut Egy Hilmy, Product Development PT Federal Karyatama, cara paling gampang membedakan pelumas asli dan palsu adalah dengan melihat kondisi botol. Pada Federal Oil, laser print pada kemasannya tercetak rapih.

"Nah, berikutnya ada kode produksi, seperti no produksi yang letaknya pada tutup botol bagian atas. Kemudian label Federal Oil sudah terdapat QR Code dan logo SNI," paparnya.

Ciri khas lain yang membedakan dengan pelumas palsu adalah soal harga. "Biasanya oli yang tidak sesuai spesifikasi dijual lebih murah," ujarnya.

Karena itu Egy menyarankan konsumen untuk membeli pelumas di bengkel-bengkel atau gerai-gerai terpercaya, terutama yang sudah bekerjasama dengan Federal Oil. Jika konsumen menemukan oli Federal yang tidak sesuai spesifikasi bisa adukan ke call center.

"Jika masih ragu, atau mau mengadukan adanya Federal Oil palsu, silahkan hubungi telpon Halo Federal Lubricants 1500027," tutup Egy.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR