HOME » BERITA » KONTROVERSI MOBIL MEWAH KIM JONG UN YANG DIKABARKAN MENINGGAL

Kontroversi Mobil Mewah Kim Jong Un yang Dikabarkan Meninggal

Beberapa waktu belakangan, nama Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un menjadi perbincangan publik.

Senin, 27 April 2020 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Kontroversi Mobil Mewah Kim Jong Un yang Dikabarkan Meninggal
Iring-iringan rombongan Kim Jong Un saat di Singapura (AP/Joseph Nair)

OTOSIA.COM - Kim Jong Un dikabarkan meninggal dundia usai mengalami kerusakan otak dan kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular. Kebenaran meninggalnya Pemimpin Korea Utara itu kini tengah diselidiki, termasuk oleh China dan Amerika Serikat.

Sebelum kabar ini berhembus, sosok Kim Jong Un sendiri sudah cukup menarik perhatdian publik. Terlebih soal gaya hidupnya yang terbilang mewah sehingga menjadi kontroversi.

Gaya hidup mewah Kim Jong Un itu juga terlihat dari kendaraan yang dia pakai. Dilansir dari Liputan6.com, laki-laki berusdia 36 tahun itu bahkan rela menghabiskan GBP 14 juta atau Rp 266 mildiar untuk mobil-mobilnya maupun bersenang-senang bersama teman-temannya.

Sementara itu dilansir dari Dailystar.co.uk, selera mewah Kim Jong Un itu seperti limosin Mercedes-Benz yang sering dia pakai. Mobilnya pun berlapis baja hitam seharga GBP 1,2 juta atau setara Rp 23 miliar.

Namun, beberapa tahun lalu berhembus kabar soal mobil tersebut merupakan hasil selundupan. Pada 2018 lalu, saat bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Singapura, Mercedes-Benz lapis baja itu menjadi sorotan.

1 dari 2 Halaman

Hasil Selundupan

Dilansir dariTelegraph, Rabu (13Juni 2018), Mercedes-Benz yang dipakai Kim, nyatanya bisa terbilang pelanggaran sanksi PBB. Pasalnya, sejak 2014 lalu, PBB memberlakukan larangan impor barang mewah ke Korea Utara.

Ini adalah sanksi karena negara itu dituduh membangun instalasi nuklir secara tidak sah. Lalu bagaimana Kim Jong-un memiliki Mercedes-Benz S600 yang dipakainya untuk melakukan berbagai kunjungan negara?

Beberapa tahun lalu, limusin Mercedes-Benz berlapis baja tersebut terlihat di parade militer Korea Utara. Sebuah mediaKorea Utara memberitakan ada dua limusin baru yang ditampilkan dalam parade tersebut. Terlihat dari lampu utama dan grille depannya, itu merupakan Mercedes-Benz S-Class.

"Saya percaya ini adalah limusin lapis baja, Mercedes S600," kata Cedric Lacroix, seorang ahli di limousinesworld.com, perusahaan yang bergerak dalam bisnis limusin khusus.

S600 sendiri memiliki V12 (mesin) dan lebih mewah dari (pendahulunya) S550. Menurutnya, sebuah limusin lapis baja S600 baru dibanderol dari 350.000 hingga 1,2 juta atau setara Rp 22,4 miliar.

2 dari 2 Halaman

Di samping itu, perwakilan Mercedes-Benz menekankan bahwa perusahaan yang berbasis di Stuttgart tersebut tidak mengekspor kendaraan ke Korea Utara.

"Limusin itu terlihat lebih lama daripada mobil Mercedes-Benz Guard yang pernah saya lihat. S-Class telah menjadi mobil mewah terlaris di dundia selama bertahun-tahun dan kemungkinan mobil dan komponen telah dimodifikasi oleh perusahaan eksternal," kata Direktur Komunikasi di Mercedes-Benz UK, Rob Halloway selaku.

Ekspor mobil-mobil itu merupakan pelanggaran sanksi oleh PBB, Uni Eropa, dan Amerika Serikat, yang semuanya secara khusus melarang kendaraan mewah dijual ke Korea Utara. Jika Kim memiliki Mercy mewah, maka kemungkinan besar limusin tersebut didapat melalui perantara di Cina atau Rusia.

Saat ini, Cina dan Rusia tidak memiliki daftar barang mewah, sehingga membuka jalan bagi perantara Korea Utara untuk membeli dan mengekspor barang mewah.

BERI KOMENTAR