HOME » BERITA » KONVOI KENDARAAN PEJABAT TERNYATA TAK HARUS DIDAHULUKAN, INI ATURANNYA

Konvoi Kendaraan Pejabat Ternyata Tak Harus Didahulukan, Ini Aturannya

Senin, 12 Februari 2018 16:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : onstagram.com @budayadisiplin

OTOSIA.COM - Ada sebagian masyarakat yang merasa konvoi kendaraan di jalan raya adalah tindakan tidak adil. Ternyata, hal itu telah diatur oleh Undang-Undang dan memiliki kekuatan hukum.

Akun instagram @budayadisiplin mengunggah infografis mengenai aturan prioritas pengguna jalan pada 9 Februari 2018. Dalam gambar tersebut dijelaskan urutan mengenai kendaraan yang harus diberi jalan ketika sedang bertugas.

Urutan prioritas ini sudah diatur oleh Undang-Undang Lalu Lintas no. 22 Tahun 2009, pasal 134. Sayangnya, masih ada masyarakat yang belum mengetahui regulasi ini.

Pada urutan pertama adalah kendaraan pemadam kebakaran yang sedang bertugas. Berikutnya adalah ambulan yang mengangkut orang sakit. Yang menjadi prioritas berikutnya adalah kendaraan yang memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas.

Di posisi keempat adalah kendaraan pimpinan lembaga negara Republik Indonesia. Kemudian adalah lendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yan menjadi tamu negara

Setelah itu adalah iring-iringan kendaraan pengantar jenazah. Yang ketujuh barulah konvoi atau kawalan dengan kepentingan tertentu menurut pertimbangan pihak kepolisian.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR