HOME » BERITA » KREATIF ABIS, PARA PETANI INI MODIF JEROAN MOTOR JADI TRAKTOR PEMBAJAK SAWAH

Kreatif Abis, Para Petani Ini Modif Jeroan Motor Jadi Traktor Pembajak Sawah

Para petani ini bikin inovasi baru di dunia pertanian, bikin traktor pembajak sawah dari jeroan motor

Selasa, 12 Oktober 2021 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kreatif Abis, Para Petani Ini Modif Jeroan Motor Jadi Traktor Pembajak Sawah
Traktor dari mesin motor (TikTok/@petanimudamilenial)

OTOSIA.COM - Saat ini para petani di Indonesia terus berinovasi agar pekerjaan mereka semakin efektif dengan menekan biaya pengeluaran. Salah satu caranya adalah memanfaatkan motor sebagai traktor pembajak sawah.

Nah, hal itulah yang dilakukan oleh para petani dalam video unggahan akun TikTok @petanimudamilenial pada Jumat (8/10/2021) lalu. Mereka memodifikasi jeroan alias mesin motor menjadi traktor.

1 dari 6 Halaman

Modif Mesin Motor

Dari video yang diunggah, terlihat jeroan motor dimodifikasi sedemikian rupa menjadi sebuah traktor. Modifikasi yang dilakukan pun cukup ekstrem, bagian ban diganti dengan roda traktor yang terbuat dari besi.

Sementara itu, tuas gasnya sendiri dipindahkan ke belakang menyatu dengan pegangan di besi panjang. Sedangkan di kirinya ada tuas transmisi.

2 dari 6 Halaman

Biaya Rp5 Juta

Seorang pria pun mencoba menyalakan traktor bermesin motor ini. Ia beberapa kali menyelah kick starter, setelah berhasil pria lainnya menggeber-geber mesin motor. Terdengar jelas raungan suara dari mesin tersebut.

Di video lain yang diunggah, pria pembuat traktor ini menjelaskan bahwa ia memerlukan biaya sekitar Rp5 juta untuk merampungkan inovasinya tersebut. "Ini minim sekitaran Rp5 jutaan mas," tegasnya.

3 dari 6 Halaman

Komentar Video

Video yang telah disukai lebih dari 180 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut atas kreativitas para petani di Indonesia.

"ada2 warga +62 ini... sungguh kreatif," tulis cengdadan457

"Mesinnya harusnya KLX bang," jelas User5Tp

"Jepang pun geleng kepala melihat betapa kreatif nya org indonesia," komentar Ayub_ayub

"tambahin filter udara tapi di modifikasi biar ga masuk air atau lumpur om,, sekedar saran aja om," tulis ridho

"indonesia tidak kekurangan orang pintar. namun indonesia kekurangan org jujur," jelas Megi Bopo

4 dari 6 Halaman

@petanimudamilenial

Balas @fahriljainur ##petanimudamilenial

? suara asli - Tik Toker

 

 

5 dari 6 Halaman

Petani Ini Pakai Motor Bebek untuk Bajak Sawah

Petani bajak sawah (Instagram/@agoez_bandz4)

Sebelumnya bajak sawah menggunakan motor juga sempat menghebohkan netizen beberapa waktu lalu. Video yang memerlihatkan hal ini diunggah akun Instagram @agoez_bandz4 pada Rabu (22/9/2021).

Di video tersebut, terlihat ada seorang petani yang memegangi motor bebek modifikasi di sebuah lawan persawahan. Modifikasi yang dilakukan cukup ekstrem, roda depan dan setang kemudi dicopot.

6 dari 6 Halaman

Tampaknya tuas gasnya sendiri dipindahkan ke belakang menyatu dengan pegangan di besi panjang. Sedangkan tepat di belakang roda belakang, ada besi yang menyerupai pengait untuk membajak sawah.

Petani tersebut tampak tak kesulitan saat membajak sawah. Mesin motor masih berfungsi dengan baik dan roda belakang bisa berjalan dengan normal.

"Motor apa ini om buat bajak kebun?," tulisnya dalam keterangan video.

BERI KOMENTAR