HOME » BERITA » KREATIF, PETANI INI MEMIPIL JAGUNG DENGAN MUDAH DAN CEPAT PAKAI SEPEDA MOTOR

Kreatif, Petani Ini Memipil Jagung dengan Mudah dan Cepat Pakai Sepeda Motor

Sebuah video memerlihatkan cara mudah memipil Jagung dengan bantuan sepeda motor

Selasa, 01 September 2020 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Kreatif, Petani Ini Memipil Jagung dengan Mudah dan Cepat Pakai Sepeda Motor
Petani memipil Jagung dengan motor (Twitter/@anandmahindra)

OTOSIA.COM - Umumnya memipil jagung dilakukan secara manual. Menggunakan tangan kosong, pisau, atau alat tajam lainnya. Dengan cara seperti ini, jelas membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun cara cepat dan mudah memipil jagung ditunjukkan oleh petani di India. Video yang menunjukkan hal itu dibagikan oleh seorang pebisnis dan ketua dari Mahindra Group, Anand Mahindra. Pria 65 tahun tersebut membagikannya melalui Twitter @anandmahindra (27/8).

1 dari 3 Halaman

Berdasarkan video tersebut, terlihat ada motor yang distandar tengah. Kemudian kendaraan roda dua itu dimasukkan ke gigi satu atau dua. Nampaknya tuas gas juga sudah ditahan dengan benda kecil, sehingga roda belakang motor tetap berputar.

Terlihat ada tiga pria yang duduk bersila di samping motor tersebut. Mereka kemudian memipil jagung dengan cara menempelkannya ke roda motor yang berputar. Alhasil biji-biji jagung terpisah dari tongkolnya.

2 dari 3 Halaman

Nampaknya tidak membutuh waktu lama untuk memipil satu jagung. Terhitung hanya beberapa detik saja. Di bawahnya pun sudah banyak biji dan tongkol jagung yang telah dipisahkan.

Apresiasi pun banyak diberikan, termasuk oleh Anand Mahindra. Hanya saja ada juga yang mengkritik aktivitas tersebut. Pasalnya kesehatan para petani terancam, karena partikel mikro-karbon dari knalpot motor langsung mengenai muka mereka.

3 dari 3 Halaman

 

 

BERI KOMENTAR