HOME » BERITA » KTM AUSTRIA CEMERLANG DI MOTOGP, APA KABAR KTM INUL?

KTM Austria Cemerlang di MotoGP, Apa Kabar KTM Inul?

Lama tidak ada kabar, APP KTM tidak lagi bermain di segmen skutik, bebek, dan trail. Kini, APP KTM fokus pada penjualan motor tiga roda yang pasarnya tetap menggiurkan.

Kamis, 01 Oktober 2020 19:15 Editor : Nazarudin Ray
KTM Austria Cemerlang di MotoGP, Apa Kabar KTM Inul?
Motor roda tiga APP KTM Gajah (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Belakangan nama KTM Austria menjadi buah bibir penyuka MotoGP setelah dua pembalapnya memenangi MotoGP beberapa waktu lalu. Memiliki nama brand yang hampir sama di belakang, lantas bagaimana dengan kabar APP KTM?

Nama merek yang banyak orang menyebutnya "KTM Inul", rupanya masih meramaikan pasar sepeda motor di Tamah Air. Hanya saja PT ASEAN Motor International (HTM/APP KTM) selaku agen pemegang merek (APM) tidak lagi ngotot di segmen roda dua, melainkan fokus pada penjualan motor niaga roda tiga.

"Saat ini kita hanya fokus untuk menjual dan mengembangkan motor roda tiga HTM dan APP KTM untuk menguasai pangsa pasar Indonesia dan menjadi nomor satu di industri motor roda tiga," kata Hengky Lesmana, Direktur Marketing PT ASEAN Motor International.

1 dari 4 Halaman

Selain roda tiga, sebelumnya APP KTM memasarkan motor tipe matic dan bebek, serta trail. Untuk tipe matic, ada APP KTM Milan dan Paris, sedangkan tipe bebek terdiri dari APP KTM Power Premio dan Power ZRL.

Jika skutik APP KTM mirip Yamaha Mio dan Fino, maka jenis bebek desainnya hampir sama dengan Jupiter Z. Sementara trail APP KTM Power Trex GTX 150 sebagai pesaing Kawasaki KLX 150 telah disuntik mati akhir tahun 2017 lalu.

APP KTM sejauh ini belum punya rencana menghadirkan matic atau bebek baru seperti beberapa tahun lalu. 

 

2 dari 4 Halaman

"Saat ini belum, masih berfokus di motor roda tiga HTM & APPKTM saja," ungkapnya.

Yang menarik, justru di masa pandemi penjualan motor roda tiga APP KTM cukup tinggi. Pada kuartal ketiga tahun ini motor niaga APP KTM tumbuh 26 persen dibandingkan kuartal pertama dan kedua.

"Kami tetap optimis akan terus bertumbuh di kuartal keempat ini, karena kita memfokuskan motor roda tiga kita untuk mendukung usaha kecil menengah dan industri kreatif di Indonesia," tukasnya.

 

3 dari 4 Halaman

Saat ini pasar terbesar roda tiga APP KTM berada di Jabodetabek. Namun di beberapa daerah penjualan motor niaga APP KTM mengalami kenaikan. Di Jabodetabek dan Karawang penjualan APP KTM melonjak 47 persen, Riau dan Riau Kepulauan meroket 57 persen, Sumatera Utara tumbuh 23 persen, Kalimantan Barat naik 6 persen, Jawa Timur terdongkrak 13 persen, dan NTB naik 20 persen.

Dari kenaikan tersebut, menurut Hengky hampir semua varian roda tiga APP KTM laris, seperti 150cc 1.5m (panjang bak 1.5m), 150cc 1.8mDP (panjang bak 1.8m double power), 200cc 1.8mDP (panjang bak 1.8m, double power), dan 200cc 2mDP (panjang bak 2m, double power).

 

 

4 dari 4 Halaman

"Bagi kami, bukan hanya sekedar menjual produk, tetapi ada tanggung jawab sosial yang diemban untuk bisa berkontribusi bagi masyarakat, apalagi di tengah pandemi saat ini. Kontribusi sekecil apapun untuk membantu masyarakat meningkatkan usaha dan pendapatan mereka, akan kami dukung," katanya.

Dalam kesempatan ini Hengky tidak mau nama APP KTM dikait-kaitkan dengan KTM Austria di ajang MotoGP. Karena hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali.

"Tidak ada pengaruhnya sama sekali, karena kami berbeda dengan mereka. Kami hanya berkonsentrasi di motor niaga roda tiga HTM & APPKTM," pungkasnya.

 

BERI KOMENTAR