HOME » BERITA » KUCING MAKAN COKELAT SAAT LAGI ROAD TRIP, ADUH GAWAT!

Kucing Makan Cokelat Saat Lagi Road Trip, Aduh Gawat!

Jangan panik dulu, ini dia beberapa hal yang perlu kamu tahu.

Rabu, 09 Desember 2020 08:01 Editor : Wuri Anggarini
(c) Shutterstock

OTOSIA.COM - Siapa yang tak doyan cokelat? Dianggap sebagai salah satu kudapan favorit, sebaliknya cokelat bisa membahayakan kesehatan hewan peliharaanmu, termasuk kucing. Kondisi ini jelas bisa bikin panik jika terjadi saat mengajak kucing melakukan road trip. Harus gimana dong? Jangan panik dulu, ini dia beberapa hal yang perlu kamu tahu.

Alasan di Balik Bahaya Cokelat

(c) Shutterstock

Cokelat dianggap berbahaya bagi kucing karena kandungan kafein dan theobromine di dalamnya. Theobromine menyerap lebih lambat ketimbang pada tubuh manusia dan dapat memicu keracunan, terutama pada anak kucing.

Sebaliknya, kucing yang lebih sensitif pada kafein ketimbang manusia, akan mengalami peningkatan detak jantung dengan cepat. kombinasi kedua senyawa kimia ini menyebabkan penumpukan zat beracun dan memicu beberapa gejala, terutama kerusakan hati.

Jumlah Cokelat yang Dikonsumsi

(c) Shutterstock

Berapa pun cokelat yang dimakan dapat mengganggu kesehatan kucing. Semua bentuk coklat berbahaya bagi hewan peliharaan. Mulai dari bubuk cokelat dan baking chocolate yang paling beracun karena tingkat theobromine-nya yang tinggi, dark, milk chocolate, bahkan white chocolate dengan persentase kakao yang rendah pun dapat menjadi racun di tubuh kucing.

Gejala Keracunan Cokelat pada Kucing

(c) Shutterstock

Lebih sensitif pada komponen cokelat, kucing akan menunjukkan gejala yang jelas meskipun hanya memakannya sedikit. Awalnya, muntah dan diare akan terjadi bersamaan dengan perilaku yang gelisah. Jika konsumsi cokelat dalam jumlah besar dan pemilik kucing lalai mengawasinya, kucing bisa mengalami kejang, ototnya jadi kaku bahkan mati.

Penanganan Segera

(c) Shutterstock

Hal terbaik yang bisa dilakukan setelah kucingmu tanpa sengaja memakan cokelat adalah mengawasinya, minimal selama 24 jam. Jika muncul gejala yang mengkhawatirkan, segera cari klinik dokter hewan terdekat dengan area yang kamu sambangi selama road trip.

Jangan mencoba memaksa kucing memuntahkannya sendiri. Dokter hewan akan menggunakan perlengkapan dan obat yang diperlukan, untuk menghilangkan racun dari tubuh kucing dengan lebih aman.

Saat menikmati cokelat, kucing kesayanganmu mungkin akan menunjukkan pandangan mengiba meminta jatah camilan. Jangan tergoda untuk memberikan kudapan lezat itu pada hewan peliharaan. Sebaiknya, berikan makanan yang diformulasikan khusus dan tentunya aman bagi kucing.

Muezza bisa jadi pilihan tepat dengan 4 varian rasa, yaitu Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Selain menggugah selera makan kucing kesayangan, Muezza yang terbuat dari bahan-bahan alami ini juga telah difomulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hewan peliharaanmu ini.

(c) Otosia

Merawat kucing memang bukan hanya soal memberikan makanan yang tepat. tapi juga waktu, perhatian dan kasih sayang seiring pemberian Muezza. Pasalnya, cat food berkualitas ini sudah memiliki sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, sehingga lebih tenang saat membelai, memegang makanannya, membersihkan wadah makan hingga membawa cat food dalam perjalanan.

Jangan sembarangan memberikan makanan pada kucing, pilih Muezza yang bisa dibeli secara online di bawah ini.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(kpl/eth/wri)

BERI KOMENTAR