HOME » BERITA » KUCING MOGOK MAKAN, HARUS DIAPAKAN?

Kucing Mogok Makan, Harus Diapakan?

Ini solusinya!

Senin, 21 Desember 2020 07:30 Editor : Zaki
(c) shutterstock

OTOSIA.COM - Pemilik kucing mungkin bakal khawatir saat melihat hewan peliharaan yang biasanya selalu lapar tiba-tiba mogok makan. Ada banyak penyebab yang dapat memicu kehilangan nafsu makan, mulai dari stres akibat perubahan lingkungan, masalah gigi, nyeri hingga gejala penyakit. Semakin cepat mencari sumber masalahnya, tentunya dapat mencegah gangguan kesehatan pada kucing kesayangan.

Mencari Penyebabnya

(c) shutterstock

Kehilangan nafsu makan bisa jadi salah satu tanda ada yang salah dengan kesehatan kucing. Untuk mendapatkan solusi yang tepat, perhatikan beberapa tanda lainnya yang berasal dari infeksi, gagal ginjal, masalah usus, hingga sakit gigi. Selain itu, vaksin pun bisa menyebabkan efek samping hilangnya nafsu makan, juga perubahan rutinitas seperti bepergian ke tempat baru, hingga perubahan pola makan atau makanan baru.

Tambahkan Bahan Lain

(c) shutterstock

Sudah dinyatakan sehat oleh dokter hewan tapi tetap nggak mau makan? Ada beberapa trik mudah yang bisa dicoba di rumah. Misalnya memanaskan cat food untuk meningkatkan aromanya dan menggugah selera makan kucing. Bisa juga mencampurkan air kaldu ke dalam makanannya atau camilan yang menggoda ke dalam mangkuk makanannya, seperti serpihan daging ikan atau bubuk vitamin khusus kucing.

Perhatikan Wadah Makannya

(c) shutterstock

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat tajam sehingga dapat mengenali aroma makanan yang berbau. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan wadah makannya karena kuman dapat tumbuh dari sisa makanan dan memicu bau atau penyakit. Jika menggunakan piring plastik, coba ganti dengan logam atau keramik yang lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, bisa juga mencoba bentuk wadah makan lainnya. Beberapa kucing kurang menyukai piring yang dalam atau sempit karena mengenai kumisnya yang sensitif. Tapi ada juga ras kucing Persia, Himalayans atau Exotic Shorthair yang kesulitan makan dari piring atau mangkuk yang dangkal.

Coba Makanan Yang Berbeda

(c) shutterstock

Ada kucing yang cenderung picky eater alias pemilih makanan. Biasanya, jenis kucing ini mudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Coba tawarkan cat food dengan tekstur atau rasa yang berbeda, salah satunya dengan memilih brand baru yang dapat menggugah selera makannya.

Coba berikan Muezza yang memiliki 4 varian rasa lezat seperti Tuna, Mackerel, Salmon dan Ocean Fish. Bukan hanya punya aroma dan cita rasa yang lezat, cat food ini dibuat dengan bahan-bahan alami berkualitas dan bebas bahan sintetik sehingga akan membantu tumbuh kembang kucing dengan optimal.

(c) shutterstock

Buat yang ingin memberikan cat food secara langsung, tak perlu khawatir karena Muezza sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Jangan tunggu kucing mogok makan hingga kesehatannya terganggu, segera beli Muezza yang dijual secara online di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(kpl/mki)

BERI KOMENTAR