HOME » BERITA » KUPAS HABIS PERUBAHAN GENERASI TERBARU HONDA CB150R STREET FIRE

Kupas Habis Perubahan Generasi Terbaru Honda CB150R Street Fire

Secara garis besar, memang tak terlalu tampak perubahan pada Honda CB150R terbaru. Namun, ketika dilihat secara detail, ada beberapa komponen yang berbeda.

Senin, 16 Juli 2018 11:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: AHM

OTOSIA.COM - Pada Jumat kemarin (13/7), PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi merilis generasi terbaru dari naked-sport andalan mereka, Honda CB150R Street Fire. Mengutip dari situs resmi AHM, ubahan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk apresiasi pada konsumen mereka.

Secara garis besar, memang tak terlalu tampak perubahannya, bentuk headlamp, knalpot dan sekilas keseluruhan body masih sama dengan generasi sebelumnya. Namun, ketika dilihat secara detail, ada beberapa komponen yang berbeda.

1. Body

Sebenarnya, ada beberapa komponen body Honda CB150R yang berubah. Selain pilihan warna baru, Fury Mat Red, naked-sport 150cc ini juga dibekali desain shroud yang lebih kekar. Sekilas, bentuknya mirip dengan generasi pertamanya yang masih menggunakan headlamp bohlam.

Tak hanya itu, body tengah dan tangki Honda CB150R juga berbeda dengan generasi sebelumnya. Kini, bagian tengah motor itu tampak lebih minimalis dan elegan. Bagian belakang dan undercowl juga terkesan lebih aerodinamis dengan variasi lubang layaknya Honda CBR250RR.

2. Stang dan Foot Step

Jenis stang memang masih standar, namun, pada generasi terbaru ini, ukurannya menjadi lebih tinggi 7mm dan lebarnya bertambah 20mm. Selain itu, jarak jangkauannya lebih pendek 20 mm. Perubahan kecil ini bisa meningkatkan handling dan kenyamanan saat berkendara.

Di bagian belakang, khususnya foot step atau pijakan kaki penumpang memang tak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya. Namun, komponen tersebut kini terbuat dari diecast aluminium dan tidak menjadi satu dengan sasis.

3. Kaki-kaki

Sektor kaki-kaki bisa dibilang merupakan bagian yang paling sedikit mendapat perubahan. Pasalnya, suspensi depan belakang tetap sama, kombinasi teleskopik dan monoshock Pro-Link.Ukuran bannya pun masih sama, depan 100/80-17 dan belakang 130/70-17.

Bedanya, kedua ban tersebut kini sudah tubeless alias tidak lagi memakai ban dalam. Selain itu, bentuk piringan cakram Honda CB150R terbaru sudah mengadopsi teknologi disc-wave.

4. Fitur

Fitur Honda CB150R masih sama dengan sebelumnya, full LED lighting dan instrumen panel full digital. Namun, saat dilihat lebih detail, pada handlebar sebelah kiri telah memiliki tuas passing.

5. Mesin

Bagian dapur pacu sama sekali tak mendapat perubahan. Honda CB150R terbaru masih mengusung mesin 1-silinder 149,16cc DOHC 4-katup berpendingin cairan dengan transmisi manual 6-percepatan. Konfigurasi tersebut sanggup memuntahkan daya sebesar 16,6 hp dengan torsi mencapai 13,8 Nm.

Spesifikasi itu diklaim hanya membutuhkan 10,5 detik untuk menempuh jarak 200 meter dari kondisi diam. Berdasarkan situs resmi AHM, Honda CB150R memiliki kecepatan maksimal 125 km/jam dengan efisiensi bahan bakar mencapai 40,5 km/liter.

6. Harga

Berbagai ubahan tersebut tentunya berdampak pada harga jual Honda CB150R generasi terbaru. Kini, motor tersebut dijual seharga Rp27,85 juta untuk varian Special Edition dengan tiga pilihan warna, yaitu Honda Racing Red, warna baru Fury Mat Red dan Raptor Mat Black. Sementara itu, varian standard hadir dalam dua pilihan warna, Wild Black dan Macho Black. Menurut situs resmi AHM, keduanya dibanderol 26,75 juta.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR