HOME » BERITA » KURSI MOBIL GAMPANG SOBEK, COBA CEK BENANGNYA

Kursi Mobil Gampang Sobek, Coba Cek Benangnya

Selasa, 15 Mei 2018 15:45

Kursi Mobil Gampang Sobek, Coba Cek Benangnya
Ilustrasi: Jok mobil sobek/ Best Way Auto
Editor : Cornelius Candra | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Jok mobil kini makin beragam baik desain maupun warna yang ditawarkan. Cukup ganti, interior mobil rasanya lebih segar dilihat. Namun tidak lama, jahitannya mulai sobek.

Jok pada kursi mobil yang mudah sobek menurut Oscar Wijaya, founder sekaligus Ketua Umum Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS) bisa diduga akibat pemilihan materialnya. Secara umum begitu, ada uang ada rupa.

"Jok gampang sobek, yang perlu diperhatikan si pembuatnya menggunakan material apa. Kalau saya di asosiasi mengharuskan perajin jok yang ada di bawah kami untuk memastikan kualitas bahan disetujui OEM," ujarnya.

Contohnya adalah benang. Material ini menyatukan tiap pola pada jok sehingga desain kursi pun terbentuk secara keseluruhan. Namun, benang yang digunakan di bawah asosiasinya bersifat khusus.

"Ada banyak macam. Benang untuk mancing juga disebut benang. Hehehe. Sebenarnya ada spesifikasi khusus benang untuk otomotif, namanya 3-ply polyester continuous filament," ujarnya.

Benang jenis ini sesuai dengan fungsinya pada kursi mobil. Penggunannya tidak lain demi memenuhi faktor daya tahan.

"Kalau dipasang, ditarik kayak apa pun enggak akan mbrudul, berbulu, dan enggak akan putus. Memang harganya mahal," ujarnya.

Penenakanan harga menurutnya terkait dengan konsekuensi. Pasalnya, tidak sedikit pembeli mengejar faktor yang penting harganya murah.

"Sayangnya banyak pembuat jok yang pakai bahan murah. Ini kan soal 'bisa murah enggak?' ya bisa karena kan spek-nya diturunin. Tapi ada konsekuensi baru dipakai sebentar dia putuslah, baru dipakai sebentar dia robek," kata dia.

 (kpl/why/crn)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-15
detail

BERITA POPULER