HOME » BERITA » KUSHITANI, RIDING GEAR JEPANG KEMBALI DIPOPULERKAN RC MOTOGARAGE

Kushitani, Riding Gear Jepang Kembali Dipopulerkan RC Motogarage

Tidak begitu dikenal di oleh bikers milenial, riding gear asal Jepang Kushitani, kembali dipopulerkan oleh RC Motogarage.

Jum'at, 27 November 2020 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Perlengkapan riding Kushitani (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pasar aksesori tumbuh sejalan dengan populasi sepeda motor yang besar dan meningkat. Dengan populasi sepeda motor yang besar, Indonesia menjadi lahan subur bagi aksesori impor.

Salah satu brand aksesori impor asal Jepang yang cukup terkenal adalah Kushitani. Kushitani banyak digunakan pembalap dunia sejak tahun 1953, mulai dari Kawasaki, Honda, Yamaha hingga Suzuki.

Kushitani pun berkembang hingga akhirnya bisa merancang beragam produk dan tidak hanya racing suit saja, mulai dari jaket harian, celana, sarung tangan (glove) dan lain-lain, sampai akhirnya benar-benar membuka outlet penjualan di Jepang pada 1971.

Aksesori dan perlengkapan bikers ini turut dipasarkan di Indonesia lewat RC Motogarage di bilangan Haji Nawi, Jakarta Selatan.

"Kushitani adalah produk asli dari Jepang, dan merupakan premium brand pertama yang menggelontorkan produk jaket kulit atau bahkan racing suit," buka Reyner Alexander, Owner RC Motogarage, dalam jumpa pers di gerainya di Jakarta, kemarin (24/11).

Reyner mengakui bahwa Kushitani cukup fokus untuk perlengkapan berkendara sepeda motor, sehingga faktor kualitas produk dan kenyamanan bagi penggunanya menjadi tajuk utamanya.

Di Indonesia, RC Motogarage telah memasarkan ragam produk Kushitani sejak tahun 2018, tapi cukup diakui hanya sedikit yang mengetahui merek tersebut.

"Sejak kami memasarkan produk ini, diakui Kushitani kurang terdengar di telinga para riders. Untuk itulah, selama dua tahun berjalan ini kami fokus membangun merek dahulu di sini," tambahnya.

Untuk pabriknya sendiri, produksi Kushitani tidak lagi di Jepang saja, melainkan sudah dialihkan ke negara bagian ketiga untuk merancang dan membuat ragam produk Kushitani.

Di Indonesia diyakini telah dijadikan sebagai salah satu negara yang memproduksi. Hanya saja produk yang diproduksi seperti sarung tangan harian dan untuk balap.
Reyner yakin produk Kushitani yang diniagakannya di tiga outlet milik RC Motogarage bakal diserap positif oleh konsumen pemilik sepeda motor.

"Kami begitu mendalami brand ini. Kami tahu segalanya soal Kushitani. Sayangnya masyarakat yang mengetahui akan merek ini di rentang usia 35 tahun ke atas, sementara generasi muda jaman sekarang kurang tahu," imbuhnya.

Menurut Reynet lantaran pengembangan produk Kushitani dimulai dari ajang balap, maka faktor safety menjadi fokusnya. "Semua inilah yang membuat kami percaya diri menjual lini model Kushitani, walaupun harganya cukup mahal," ujarnya lagi.

RC Motogarage saat ini mulai memasarkan produk Kushitani mulai dari glove, jaket, celana, sepatu, tas, hingga inner suit. Sementara untuk racing suit sesuai permintaan, karena harganya lumayan mahal yaitu sekitar Rp 40 jutaan.

Sementara untuk jaket dimulai dari harga Rp 2,9 juta sampai Rp 6 jutaan, sedangkan model mesh sekitar Rp 3 jutaan hingga Rp 4 jutaan. Untuk produk jaket kulit (leather) menggunakan kulit sapi perah

Sedangkan sarung tangan harian dan balap, juga menggunakan bahan kulit sapi perah. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1,5 juta - Rp 2,5 jutaan untuk harian, dan racing glove sekitar Rp 6 jutaan.

(kpl/nzr)

BERI KOMENTAR