HOME » BERITA » LAGI, SATU MEREK EROPA SIAP DIAMBIL ALIH PABRIKAN TIONGKOK

Lagi, Satu Merek Eropa Siap Diambil Alih Pabrikan Tiongkok

Kabarnya, Daimler bersedia menjual 50% sahamnya kepada Geely. Kabar lainnya pengumuman kerja sama antara Daimler dengan Geely akan dilakukan sebelum gelaran Shanghai Auto Show yang akan dimulai bulan depan.

Rabu, 27 Maret 2019 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Mobil Smart Forease (Carscoops)

OTOSIA.COM - Belum lama ini beredar sebuah kabar yang mengejutkan bahwa Daimler akan segera menutup salah satu brand mereka yaitu Smart. Namun dilansir dari Carscoops, sebuah berita terbaru justru menyebutkan bahwa salah satu pabrikan mobil asal negeri Tiongkok, yaitu Geely akan segera mengambil alihnya.

Kabarnya, Daimler bersedia menjual 50% sahamnya kepada Geely. Kabar lainnya pengumuman kerja sama antara Daimler dengan Geely akan dilakukan sebelum gelaran Shanghai Auto Show yang akan dimulai bulan depan.

Sementara itu, pihak Geely sendiri enggan berkomentar lebih jauh terkait kerja sama ini, namun pihak Daimler mengatakan bahwa mereka telah berbicara dengan beberapa mitra yang memungkinkan untuk menjalin kerjasama terkait generasi Smart berikutnya.

Jika kemitraan ini akan benar terjalin tentu hal tersebut dapat membantu Smart untuk meningkatkan penjualannya di seluruh dunia. Smart sejauh ini belum berhasil untuk mencapai target penjualan globalnya yang mereka targetkan sebanyak 200 ribu unit per tahun.

Sedangkan, penjualan ForTwo sendiri cukup anjlok pada tahun lalu di Amerika Serikat yang hanya terjual 1.276 unit. Evercore ISI juga meyakini bahwa Smart kehilangan antara antara Rp 8 triliun hingga Rp 11 triliun per tahun.

Kabar lain juga mengatakan bahwa nantinya calon investor baru Smart tersebut berencana untuk memperluas jajaran produk Smart yang ada saat ini sehingga akan lebih beragam.

Sebelumnya, Smart memang telah berkomitmen untuk menghadirkan seluruh produknya yang menggunakan tenaga listrik, dan jika Geely resmi menjadi investor dari Smart, maka hal tersebut tentunya akan sesuai dengan pasar Tiongkok yang saat ini dinyatakan sebagai pasar terbesar dari kendaraan listrik.

(kpl/ikb/ahm)

BERI KOMENTAR