HOME » BERITA » LAGI, SPBU ASING MASUK INDONESIA

Lagi, SPBU Asing Masuk Indonesia

Perusaahaan minyak asal Inggris BP ikut meramaikan pasar BBM di Indonesia, melalui usaha patungan atau joint venture dengan perusahaan lokal PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail)

Jum'at, 15 Februari 2019 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi SPBU AKR (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Besarnya populasi kendaraan bermotor di Indonesia berbanding lurus dengan tingginya akan permintaan bahan bakar minyak.

Inilah yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai negara yang subur bagi perusahaan-perusahaan minyak mancanegara untuk turut memasarkan BBM di Tanah Air.

Tahun ini perusaahaan minyak asal Inggris BP ikut meramaikan pasar BBM di Indonesia. Melalui usaha patungan atau joint venture dengan perusahaan lokal PT Aneka Petroindo Raya (BP AKR Fuels Retail), BP mengoperasikan 4 SPBU yang tersebar di Cibubur, Jababeka, Serpong, dan Bintaro.

Menurut Neale Smitcher, Vice President of New Markets BP Downstream, SPBU BP AKR menganut konsep one stop shoping. Selain menjual bahan bakar dan pelumas, juga menyediakan area servis kendaraan seperti Castrol Bike Poin, juga coffe shop, mini market, mushala hingga fasilitas wifi gratis.

Press Conference BP AKR Fuels Retail (Otosia.com/Nazarudin Ray)

"Populasi kelas menengah Indonesia meningkat dua kali lipat, ini menjadi potensi buat kami. Strategi kami untuk bersaing dengan pemain lain, kami menyentuh gaya hidup karena konsumen sekarang juga menginginkan kenyamanan. Itu strategi besarnya untuk persaingan. Jadi tidak hanya menyediakan bahan bakar dan pelumas, tapi juga fasilitas lain," Neale Smitcher

SPBU BP AKR akan menyediakan tiga varian baham bakar, yakni RON 90, 92, dan 95, dengan harga yang tidak terlalu berbeda jauh dengan kompetitornya di Indonesia. Sementara untuk pelumas, BP menggandeng Castrol.

"BP terkenal di seluruh dunia karena bahan bakar kami yang berkualitas, pelumas Castrol, dan kenyamanan yang kami tawarkan. SPBU kami menawarkan bahan bakar inovatif BP dengan active technology. Dikembangkan dan diuji oleh para ilmuwan BP di laboratorium modern," tandasnya.

Rencananya tahun ini BP akan membangun 20 SPBU lagi yang tersebar di Jabobetabek. Setelah hadir di Jakarta, menyusul berikutnya di Surabaya.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen di kawasan Indonesia timur, BP berencana terus menambah tangki logistik di sejumlah tempat. Saat ini tangki logistik BP telah ada di beberapa pelabuhan di Indonesia.

"AKR punya tangki logistik di sejumlah pelabuhan, ada 760.000 kiloliter. Kita akan tambah lokasi infrastruktur logistik kita terutama di indonesia timur yang punya potensi, yang kebutuhan BBM-nya selama ini belum terlayani," ungkap Presiden Direktur AKR, Haryanto Adikoesoemo.

(kpl/nzr/tys)

BERI KOMENTAR