HOME » BERITA » LAGU LAMA, POLISI SETOP PENGEMUDI MOBIL OTONOM YANG BERULAH

Lagu Lama, Polisi Setop Pengemudi Mobil Otonom yang Berulah

Polisi menghentikan mobil yang diduga dikemudikan oleh orang yang sedang mabuk. Tapi rupanya mobil itu sedang dalam mode tanpa sopir.

Selasa, 20 April 2021 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Lagu Lama, Polisi Setop Pengemudi Mobil Otonom yang Berulah
Mobil otonom Citroen 19_19 Concept (Bristol Street Motors via Autoevolution)

OTOSIA.COM - Beberapa pabrikan mobil di seluruh dunia perlahan-lahan mengembangkan teknologi mobil otonom alias mobil tanpa sopir. Teknologi mobil otonom ini kompleks, pasalnya mobil otonom bisa melaju tanpa adanya sopir yang mengendalikannya.

Mobil ini dibekali sejumlah fitur pendukung, seperti kamera dan sensor untuk menganalisis dan memantau semua obyek yang ada di sekitarnya. Sehingga mobil tidak menabrak dan tetap melaju di jalurnya.

Tapi sayangnya, orang-orang yang menggunakan mobil otonom kerap kali menyepelekan keselamatan mereka. Kecelakaan yang disebabkan oleh mobil self-driving ini pun beberapa kali terjadi.

1 dari 2 Halaman

Maka polisi pun semakin waspada mengantisipasi adanya pengemudi 'nakal' yang kerap berulah lantaran mobilnya memiliki teknologi nirsopir. Baru-baru ini, Angkatan Kepolisian Kerajaan Kanada (Royal Canadian Mounted Police/RCMP) menyetop sebuah mobil yang merek apikir diekndarai oleh pengemudi yang mabuk, seperti dilaporkan oleh Ubergizmo, Senin (19/4/2021).

Mereka menyetop mobil itu hanya untuk mengetahui bahwa pengemudi di dalamnya benar-benar bisa mengontrol mobil otonomos. Polisi menghentikannya kerena pengemudi tampak tidak stabil saat berkendara di sebuah rute di Willis Road, di mana mereka melaporkan bahwa mobil itu tampak limbung di sepanjang garis jalan seperti yang dilakukan orang mabuk.lg.php.gif

2 dari 2 Halaman

Namun, polisi kemudian menyadari bahwa pengemudi yang tak menentu itu disebabkan oleh fitur yang ada di mobil otonom. Polisi mengatakan pengemudi perlu memahami bahwa mereka bertanggung jawab atas apa yang dilakukan terhadap kendaraan mereka.

"Tidak ada pengecualian untuk aturan ini. Jika Anda ingin mencoba fitur baru di kendaraan, tempat parkir yang kosong akan jauh lebih aman daripada jalan raya, tetapi Anda tetap bertanggung jawab atas kendaraan Anda," ujar Polisi.

Penulis: Iskandar

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR