HOME » BERITA » LAKI-LAKI INI JUAL MOBIL KE-14 PEMBELI BERBEDA SECARA ONLINE, KOK BISA?

Laki-Laki Ini Jual Mobil ke-14 Pembeli Berbeda Secara Online, Kok Bisa?

Ada-ada saja cara seorang laki-laki di India untuk menguntungkan diri dengan cara tak baik. Dia melakukan penipuan dengan menjual mobilnya secara online.

Jum'at, 06 November 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Laki-Laki Ini Jual Mobil ke-14 Pembeli Berbeda Secara Online, Kok Bisa?
Penipuan jual beli mobil (Cartoq)

OTOSIA.COM - Apapun saat ini bisa dijual secara daring. Termasuk jual beli mobil baru maupun bekas. Tapi jika membeli secara online, perlu ketelitian ekstra.

Jika tidak bisa-bisa tertipu. Seperti kelakuan penjual mobil di India melalui dunia maya. Laki-laki asal India itu melakukan penjualan mobil bekas sampai belasan kali menggunakan mobil yang sama.

Melansir Cartoq, kejadian penipuan ini terjadi di Uttar Pradesh. Pelaku yang bernama Manottam Tyagi, diduga menjual dua mobil setidaknya sebanyak 14 kali ke pembeli yang berbeda.

1 dari 2 Halaman

Pria yang akrab disapa Manu ini, menjual Maruti Wagon R milik temannya, yang berbasis di Moradabad dan Maruti Swift Dzire di sebuah platform jual beli online sebelum akhirnya tertangkap.

Modus operasinya, adalah ia memasang iklan dengan plat nomor palsu. Begitu ada pembeli yang kemudian memboyong mobilnya, ia melacaknya menggunakan GPS yang sudah tersemat di mobil yang dijual tersebut.

Selain itu, ia hanya memberikan satu kunci mobil. Sementara kunci cadagangannya ia pegang.

2 dari 2 Halaman

Dijebak

Setelah mobilnya laku, ia melacak dagangannya tersebut, dan mencurinya dengan kunci cadangan yang dimilikinya.

Hal yang sama ia lakukan pada dealer mobil bekas Jeetu Yadav. Manu menjual WagonR seharga Rs 2,7 Lakh dan mobil dicuri dari diler tersebut pada malam hari.

Manu baru-baru ini memposting foto WagonR yang sama di internet dan teman Jeetu Yadav, Pradeep, yang juga pemilik diler mobil, mengenali mobil tersebut.

Dia memberi tahu polisi tentang kejadian itu dan polisi menjebaknya dengan bantuan Pradeep yang bertindak sebagai pihak yang tertarik untuk membeli mobil tersebut.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR