HOME » BERITA » LAMA DIPAKAI PENGEMUDI TRUK INDONESIA, TEKNIK INI DIRISET DI EROPA!

Lama Dipakai Pengemudi Truk Indonesia, Teknik Ini Diriset di Eropa!

Cara berkendara yang sudah sering dilakukan pengemudi truk di Indonesia, malah jadi makin modern di Eropa dan negara-negara maju lainnya!

Kamis, 14 Desember 2017 18:30 Editor : Fajar Ardiansyah
Platooning (foto: Youtube Scania)

OTOSIA.COM - Bagi para pengemudi truk, maka berkendara di malam hari melewati hutan-hutan hingga beratus-ratus kilometer jauhnya memang sangat menantang. Itulah mengapa terkadang harus dibarengi juga dengan beberapa rekan yang lain supaya tetap aman dari kecelakaan maupun tindak kejahatan oleh pihak tertentu.

Tapi terlepas dari itu, manfaat berkendara bebarengan oleh pengemudi truk ternyata tak cuman isap jempol belaka. Karena secara teknis berkendara dengan berurutan atau yang biasa disebut 'platooning' memiliki manfaat bagi pengemudi dan kendaraannya, Otolovers!

Bagi yang sering mengetahui, bagaimana para pengendara truk bisa berjalan beriringan sebetulnya mereka secara akumulatif mendapatkan manfaatnya. Dari segi aerodinamika, platooning ternyata bisa menghemat bahan bakar dari truk yang berada di belakang truk leader, karena arus angin bisa langsung diteruskan tanpa harus menabrak kepala truk selanjutnya yang memang tak terlalu ramah aerodinamika.

Lebih modern lagi, di Eropa sejumlah truk layaknya Scania dan Volvo sudah melengkapi produk mereka dengan teknologi yang memang support dengan teknik platooning. Sehingga sensor serta pendeteksian berapa jauh adanya space antara truk, bisa kemudian dimanfaatkan sebagai pencegah tubrukan beruntun. Tonton dulu dong, siapa tahu teknik ini bisa dikembangkan lebih jauh bagi pengemudi truk di Indonesia!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR