HOME » BERITA » LAMA TAK BERSUARA, SUZUKI SX4 S-CROSS AKAN MELUNCUR DENGAN TAMPILAN BARU

Lama Tak Bersuara, Suzuki SX4 S-Cross Akan Meluncur dengan Tampilan Baru

Suzuki SX4 S-Cross di Indonesia minim perubahan. Sementara di Eropa, mobil yang sama dalam waktu dekat dikabarkan akan mendapatkan model baru.

Sabtu, 06 November 2021 17:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Lama Tak Bersuara, Suzuki SX4 S-Cross Akan Meluncur dengan Tampilan Baru
Suzuki SX4 S-Cross (globalsuzuki.com)

OTOSIA.COM - Suzuki SX4 S-Cross merupakan crossover kelas medium yang juga diisi oleh Honda HR-V dan KIA Seltos. Hingga saat ini mobil tersebut masih dijual oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Crossover satu ini tergolong minim perubahan di Indonesia. SX4 S-Cross terakhir mendapatkan facelift pada tahun 2017. Sementara rival-rivalnya belum lama ini mendapat penyegaran atau pun model baru.

Namun Suzuki diam-diam dikabarkan akan meluncurkan SX4 S-Cross baru dalam waktu dekat. Bukan di Indonesia, melainkan di pasar Eropa terlebih dahulu.

1 dari 4 Halaman

New S-Cross

Suzuki SX4 S-Cross (globalsuzuki.com)

Melansir situs motor.es, Jumat (5/11/2021), Suzuki S-Cross akan debut di Eropa menjelang akhir bulan November 2021. Yang menarik, bocoran foto atau spyshot mobil tersebut tidak ditemukan sama sekali.

Pihak Suzuki di Eropa menyadari bahwa generasi saat ini sudah cukup lama mengaspal secara global dan sudah waktunya untuk memperkenalkan generasi terbarunya. S-Cross ini nantinya akan memasuki generasi ketiga dan dikabarkan akan dirilis pada minggu terakhir di bulan November 2021.

"S-Cross (terbaru) akan memasuki generasi ketiga dan kami akan mempresentasikan model terbarunya pada akhir bulan November, kemungkinan di minggu terakhir," ungkap Juan López Frade, President of Suzuki Ibérica saat ditanya motor.es mengenai kabar S-Cross terbaru.

2 dari 4 Halaman

López Frade melanjutkan bahwa All New S-Cross diharapkan untuk bisa mulai muncul di diler pada saat hari raya Natal. Hal ini bisa terkabulkan apabila tidak terjadi kendala apa pun, mengingat saat ini sedang terjadi krisis semikonduktor.

"Jika semuanya berjalan dengan lancar dan kami tidak mengalami masalah supply, saya harap mobil itu bisa masuk diler pada saat Natal, sebagai hadiah Natal, bagi yang menginginkan mobil bagus," tutupnya.

3 dari 4 Halaman

Memakai sistem hybrid

Sistem hybrid Suzuki (motor.es)

Berbeda dengan Indonesia, S-Cross di Eropa mendapatkan teknologi hybrid sebagai wujud penyegaran di tahun 2020 silam. Sistem yang digunakan adalah Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) di mana baterai dan mesin pembakaran internal bekerja secara parallel, tidak ada mode listrik seperti Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Teknologi MHEV ini diduga kuat akan disematkan juga pada S-Cross terbaru, sebagai salah satu cara untuk menekan emisi.

4 dari 4 Halaman

Di Eropa, dapur pacu ramah lingkungan itu berupa mesin 1.400cc turbo ditambah sistem hybrid MHEV 48 volt dan baterai Lithium Ion berukuran 8Ah. Hasilnya kombinasi tersebut menyemburkan tenaga 129 PS dengan torsi 235 Nm dan sudah lulus standar emisi Euro 6d.

Untuk harga, Suzuki SX4 S-Cross Hybrid di Inggris dipatok mulai dari GBP 18.249 atau Rp 352 jutaan (dengan kurs GBP 1 = Rp 19.303,38). Sementara tipe termahal mencapai GBP 23.249 atau Rp 448 jutaan.

BERI KOMENTAR