HOME » BERITA » LAMBORGHINI URUS ST-X, SUV SUPER KENCANG YANG SIAP TURUN KE SIRKUIT

Lamborghini Urus ST-X, SUV Super Kencang yang Siap Turun ke Sirkuit

Divisi balap Lamborghini, Squadra Corse meracik Lamborghini Urus versi balap yang bernama Lamborghini Urus ST-X.

Kamis, 31 Oktober 2019 12:15 Editor : Cornelius Candra
Lamborghini Urus ST-X, SUV Super Kencang yang Siap Turun ke Sirkuit
Lamborghini Urus ST-X (Motor1.com)

OTOSIA.COM - Selama ini, mobil SUV lebih dikenal karena ketangguhannya melibas medan off-road. Namun, divisi balap Lamborghini, Squadra Corse, memiliki pandangan lain dengan menghadirkan Lamborghini Urus ST-X.

Salah satu SUV tercepat di dunia itu dibuat lebih kencang oleh Squadra Corse. Mobil yang diberi nama Lamborghini Urus ST-X ini mendapat beberapa ubahan dan siap masuk ke ajang balap.

Bodi luarnya dilabur warna hijau Verde Mantis. Squadra Corse pun menyematkan aksen merah kontras untuk memperkuat aura balap pada Lamborghini Urus ST-X.

1 dari 2 Halaman

Pengurangan Bobot

Lamborghini Urus ST-X, SUV Super Kencang yang Siap Turun ke SirkuitPengurangan Bobot

Hanya saja masih belum ada informasi lebih lanjut terkait interiornya. Yang jelas, kabin Lamborghini Urus ST-X tak akan terlihat mewah. Selain itu, nantinya terpasang roll-bar tubular untuk memperkuat struktur rangkanya.

Lamborghini Urus ST-X pun dibekali kaki-kaki baru. Super SUV ini memiliki velg 21 inci yang dibalut ban Pirelli serta suspensi yang disetel ulang. Hal itu tentu dilakukan untuk memaksimalkan traksinya.

Tak hanya memiliki livery baru, Squadra Corse menggunakan beberapa komponen berbahan serat karbon. Hasilnya, bobot Lamborghini Urus ST-X turun 550 kg dari versi standarnya, menjadi 1.650 kg.

2 dari 2 Halaman

Peningkatan Performa

Lamborghini Urus ST-X, SUV Super Kencang yang Siap Turun ke SirkuitPeningkatan Performa

Selain itu, mengutip dari Motor1.com, Lamborghini Urus ST-X juga dilengkapi dengan knalpot khusus balap. Hanya saja, mesin yang digunakan masih sama, V8 4.000 cc twin-turbo bertenaga 650 hp dan torsi 850 Nm.

Meski demikian, dengan pengurangan bobot, penambahan kanal udara, dan penggunaan knalpot berspesifikasi balap, dapat dipastikan Lamborghini Urus ST-X mampu berakselerasi dan melaju dengan lebih kencang.

Sebagai gambaran, Lamborghini Urus versi standar hanya membutuhkan 3,6 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam dengan kecepatan maksimum 305 km/jam. Lamborghini Urus ST-X ini dijadwalkan melakoni debutnya di Misano, Italia, dalam ajang balap Final Super Trofeo 2020.

BERI KOMENTAR