HOME » BERITA » LANGKAH WD-40 DALAM MERAWAT KENDARAAN SAAT MUSIM HUJAN

Langkah WD-40 dalam Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan

Rabu, 26 April 2017 13:15

Langkah WD-40 dalam Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan
Foto: mundomax.com.br
Editor : Ahmad Khoirudin | Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Tidak sedikit pemilik mobil dan motor yang memilih merawat kendaraannya sendiri, tanpa harus selalu membawanya ke bengkel. Salah satu perawatan yang mudah dan dilakukan sendiri adalah dengan melakukan penyemprotan pencegah korosi atau karat pada beberapa bagian kendaraan, terutama pada musim hujan.

Untuk perawatan yang bisa dilakukan sendiri, WD-40, sebuah perusahaan asal San Diego, California, Amerika Serikat menyodorkan produk WD-40 Multi-Use. Produk ini diklaim mampu menghilangkan kelembaban untuk mencegah mesin mogok karena busi terkena air saat hujan atau banjir.

Cara melakukannya cukup mudah. Cukup semprotkan WD-40 Multi-Use Product pada busi dan rumah busi kendaraan untuk mencegah mogok. WD-40 Multi-Use Product dapat diaplikasikan pada busi sebelum atau sesudah terkena banjir. Kedua cara tersebut sangat ampuh untuk melancarkan perjalanan Anda dalam beraktivitas.

Selain itu, ada 4 fungsi lain dari WD-40 Multi-Use Product, yaitu melumasi, membersihkan, penetrasi dan melindungi (anti karat). Banyak konsumen di Indonesia belum mengetahui sepenuhnya kelima fungsi tersebut, yang sebenarnya cukup baik dalam melindungi kendaraan, terlebih pada saat hujan atau banjir.

Berikut adalah kegunaan dari WD-40 Multi-Use Product:

Menghilangkan kelembaban. Berguna untuk melindungi busi dan rumah busi dari air atau kelembaban sehingga dapat mencegah kendaraan mogok saat berkendara di musim hujan.

Melumasi. Berguna untuk melumasi bagian engsel motor, seperti kopling dan kopling tangan, dan dapat juga digunakan untuk membersihkan rantai sebelum pelumas rantai WD-40 diaplikasikan untuk memaksimalkan pelumasan dan rotasi pada rantai.

Membersihkan. Sangat ampuh untuk membersihkan seluruh bagian badan motor, terlebih di saat hujan dari kotoran seperti aspal, debu dan lain sebagainya.

Penetrasi. Banyak konsumen di Indonesia menggunakan produk WD-40 Multi-Use Product untuk membuka baut ban yang keras. Inilah fungsi penetrasi WD-40, cairan yang mudah menyebar dan masuk ke dalam celah terkecil sekalipun. Terlebih pada saat hujan, saat mur pada ban sangat sulit dibuka karena terkena air kotor dan bercampur dengan oli basah.

Melindungi. Inilah fungsi yang sudah dikenal di kalangan konsumen. Banyak yang menyebutnya sebagai “anti karat”. Memang benar, ini sangat baik untuk mesin kendaraan atau bagian logam pada mesin, terlebih pada saat hujan, yang dapat mengakibatkan mesin berkarat. Penggunaan WD-40 Multi-Use Product secara teratur dapat mencegah karat dan korosi pada mesin.

(kpl/nzr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-26
detail

BERITA POPULER