HOME » BERITA » LARI KE MOTOR DAN ISI BBM, JADI MENU BARU KLUB YAMAHA DI BALAP KETAHANAN

Lari ke Motor dan Isi BBM, Jadi Menu Baru Klub Yamaha di Balap Ketahanan

Jum'at, 28 September 2018 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Istimewa

OTOSIA.COM - Balapan ketahan akan menjadi pengalaman baru bagi komunitas Yamaha yang doyan memacu motornya di lintasan resmi dalam Yamaha Endurance Festival 2018 di sirkuit internasional, Sentul, Jawa Barat.

Balapan ketahanan ini digelar 29-30 September 2018 setelah Yamaha Sunday Race 2018 yang notabene sudah memasuki tahun ke-4 berakhir. Ikut dalam balapan endurance akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi komunitas Yamaha.

Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit sentul, Bogor yang terinspirasi dari Suzuka 8 Hours. Jadi ini adalah kompetisi endurance selama 1 dan 2 jam yang pertama kali dihadirkan pabrikan sepeda motor di Indonesia.

Yang menarik Yamaha manyajikan sistem atau cara start akan yang mengadopsi 'Le-Mans Style' (FIM EWC). Jadi seperti yang terjadi dalam balap ketahanan Le Mans, Perancis yang memang tergolong unik.

Para peserta berlari kencang menyeberang lintasan menuju motor yang telah ditata sesuai dengan starting-grid berdasarkan sesi kualifikasi. Itu sangat menarik dan menjadi tantangan tersendiri.

Belum lagi manajamen waktu untuk pengisian bahan bakar yang harus masuk area paddock (out of the fuel). Model managemen waktu inipun akan menjadi pengalaman berbeda dan spesial bagi tim-tim balap komunitas ataupun pembalap profesional yang ambil bagian.

Menjadi lebih unik, para pembalap yang mengikuti Endurance Race ini memulai start dengan sistem “Le-Mans Style”, dimana para rider berdiri di samping trek sirkuit bersebrangan dengan motor mereka yang telah disusun sesuai dengan hasil grid position, dan ketika lampu start padam dan sirine menyala para rider langsung berlari ke motor lalu menaikinya dan menghidupkan mesin untuk kemudian memulai jalanya balapan.

"Tentu saja konteks ini merupakan langkah inovatif karena event tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pabrikan motor di Indonesia,” terang M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sementara untuk pengkategorian seorang rider, apakah masuk kelompok Comm Pro, Comm A ataupun Comm B, Yamaha sudah memiliki data yang valid dan aktual berdasarkan gelaran Yamaha Sunday Race 2018.

Balap ketahanan yang regulasi teknisnya cederung dengan perfoma mesin standar pabrik ini bakal melombakan tiga kategori kelas, yaitu Open Class 250 (2 hour), kelas Community 250 cc (1 hour), dan kelas Community 150 cc (1 hour).

Lantaran balap ketahanan pertama kalinya digelar, maka langkah edukasi akan dilakukan pada Jumat (28/9). Berbagai hal akan dijelaskan, termasuk adanya sesi tanya-jawab bagi yang belum paham.

Mereka akan diberikan pengetahuan mengenai tata cara start, pengisian bahan bakar dan ketentuan regulasi area pit lane yang akan dijelaskan oleh tim Race Direction dan Race Advisor. Total hadiah Yamaha Endurance Festival 2018 ini mencapai hingga Rp 122 juta. Tiap kelasnya akan diapresiasi hingga 10 pemenang.

Reporter : Siaran Pers

 (kpl/prl/tys)

BERI KOMENTAR