HOME » BERITA » LAWAN HYUNDAI CRETA, TOYOTA GANDENG SUZUKI SIAPKAN SUV BARU?

Lawan Hyundai Creta, Toyota Gandeng Suzuki Siapkan SUV Baru?

Toyota dan Suzuki di India berkolaborasi untuk membuat dua SUV baru. Kedua mobil ini berada di segmen compact SUV, seperti Hyundai Creta.

Rabu, 27 April 2022 15:52 Editor : Arendra Pranayaditya
Lawan Hyundai Creta, Toyota Gandeng Suzuki Siapkan SUV Baru?
Render SUV baru Toyota (autocarindia.com)

OTOSIA.COM - Kendaraan jenis Sport Utility Vehicle atau SUV menjadi segmen yang gemuk setelah MPV di Indonesia. Sebagai contoh, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Compact SUV mencapai angka 3.710 unit di bulan Maret 2022.

Di antara 10 model yang bersaing di kategori ini, ada nama Hyundai Creta sebagai yang terlaris dengan angka penjualan mencapai 2.005 unit. Sementara di posisi kedua ada All New Honda HR-V yang terjual sebanyak 1.588 unit.

Hal ini menunjukkan bahwa peminat compact SUV terus meningkat, lantaran banyak mobil di kelas ini mempunyai tampilan yang stylish dan ground clearance yang memadai untuk jalanan dalam dan luar kota.

1 dari 5 Halaman

Mobil baru

Render SUV baru Suzuki (autocarindia.com)

Di luar Indonesia, ada compact SUV baru yang dikabarkan akan meluncur dalam waktu dekat. Mengutip autocarindia.com, Selasa (26/4/2022), mobil ini adalah hasil kolaborasi antara Toyota dan Suzuki di India yang nantinya akan debut sekitar bulan Juni atau Juli 2022.

Kedua merek ini membangun dua model yang berbeda. Model dari Toyota disebut dengan nama "D22", sedangkan versi Maruti Suzuki diberi kode "YFG". 

 

2 dari 5 Halaman

Secara desain, kedua varian mobil ini mempunyai beragam perbedaaan. Toyota D22 berpotensi mempunyai bahasa desain baru dengan sentuhan gaya Toyota pada umumnya, seperti garis krom di grill, pelek model kembang, lampu depan LED dan roof rails di atap.

Sebaliknya untuk SUV YFG, Suzuki tidak sebatas mengganti merek dan beberapa trim. Model ini akan memboyong desain dari S-Cross terbaru sebagai inspirasinya. Maka kemungkinan besar mobil ini mempunyai lampu depan LED terpisah, grill dengan tarikan garis krom dan pelek baru.

3 dari 5 Halaman

Performa

SUV terbaru Suzuki terciduk sedang tes jalan (motorbeam.com)

Terkait sasis yang digunakan, Toyota D22 dan Suzuki YFG sama-sama mengandalkan platform dari aliansi Toyota dan Daihatsu. Kedua SUV ini kelak menggunakan sasis TNGA-B atau DNGA.

Tidak hanya itu, salah satu keunggulan dari kedua SUV ini berada di sektor performanya. Berbeda dengan mayoritas compact SUV, jenis kendaraan buatan Toyota dan Suzuki ini akan mengusung teknologi hybrid untuk menekan emisi.

4 dari 5 Halaman

Pasalnya jumlah pilihan mesin ada dua. Mesin yang pertama menggunakan sistem Mild Hybrid, sedangkan pilihan mesin lainnya memboyong teknologi hybrid yang lebih kuat dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

Mobil ini belum diketahui akan dijual di luar India atau tidak. Namun, mengingat pasar compact SUV makin meningkat secara global, boleh jadi kedua SUV ini diperkenalkan di tanah air kelak.

5 dari 5 Halaman

BERI KOMENTAR