HOME » BERITA » LAYANAN PERPANJANG SIM DIBUKA, ANTREAN MEMBELUDAK

Layanan Perpanjang SIM Dibuka, Antrean Membeludak

Antrean perpanjangan SIM di Satpas Polda Metro Jaya sudah mengular sebelum layanan dibuka.

Rabu, 03 Juni 2020 17:45 Editor : Cornelius Candra
Layanan Perpanjang SIM Dibuka, Antrean Membeludak
Kantor Satpas Polda Metro Jaya di Daan Mogot (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Terhitung sejak 2 Juni 2020 kemarin, Samsat dan Satpas SIM di Jakarta kembali beroperasi. Sebelumnya, berbagai administrasi ditutup sementara lantaran penerapan PSBB untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

Akibatnya, terjadi penumpukan masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM. Antrean di Satpas SIM bahkan sudah mengular sejak 05.30 wib.

"Pasti ada kekhawatiran masyarakat mengenai masa berlaku SIM sejak PSBB kemarin. Tapi pihak kepolisian sudah memberi dispensasi bagi pemilik SIM yang masa habis berlakunya mulai 17 Maret 2020 sampai 29 Juni 2020," ujar salah seorang petugas di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta.

1 dari 1 Halaman

Memang, bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada 17 Maret hingga 29 Juni 2020 mendapat dispensasi. Masyarakat dapat melakukan perpanjangan setelah tanggal 29 Juni 2020. Saat ini, Satpas SIM di Jakarta memprioritaskan pemilik SIM yang berlaku sampai Maret lalu.

"Kami sarankan datang pagi sekali, sekitar 05.30 wib. Per hari dibatasi 130 pemohon saja. Nanti, 30 orang bisa mengurus di kantor dan 100 orang lagi kami sebar ke gerai SIM keliling di sekitar area Satpas," tambahnya.

Sementara itu, tidak ada perubahan di segi persyaratan. Pemohon perpanjangan SIM tetap harus menyertakan surat keterangan sehat dan berbagai administrasi, serta mematuhi protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker dan menerapkan social distancing.

BERI KOMENTAR