HOME » BERITA » LCGC TIDAK DILIRIK, 3 MOBIL INI PALING BANYAK DIBELI SAAT LELANG

LCGC Tidak Dilirik, 3 Mobil Ini Paling Banyak Dibeli Saat Lelang

PT Balai Lelang Astra Natra Jaya mencatat dalam setiap lelang kendaraan yang digelar, Avanza, Innova, dan Gran Max paling diminati

Jum'at, 14 Agustus 2020 10:15 Editor : Nazarudin Ray
LCGC Tidak Dilirik, 3 Mobil Ini Paling Banyak Dibeli Saat Lelang
Ilustrasi Avanza Veloz (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Permintaan terhadap mobil bekas tidak pernah surut. Mobil seken yang ditawarkan dalam berbagai metode penjualan selalu ada saja peminatnya. Maka jangan heran, setiap ada lelang mobil bekas, banyak calon pembeli yang antusias dan sabar menunggu.

Namun supaya tidak gigit jari, sebaiknya melakukan pengecekan harga pasaran terhadap mobil yang ditaksir di gerai-gerai mobil bekas atau di situs-situs market place.

Pasalnya tanpa disadari penyebutaan harga di balai lelang kerap membuat konsumen bernafsu untuk menaikkan harga. Salah-salah harga mobil yang dibeli di pelelangan jauh lebih tinggi dari harga pasaran.

1 dari 3 Halaman

Nah, soal mobil yang dilelang, PT Balai Lelang Astra Natra Jaya (AUKSI) menyebut beberapa merek asal Jepang mendominasi penjualan.

Sedikitnya ada tiga besar brand Jepang paling diminati di setiap lelang yang digelar AUKSI, yakni Toyota, Daihatsu dan Suzuki.

Yang menarik, mobil-mobil LCGC seperti Daihatsu Sigra, Daihatsu Ayla, Toyota Calya, dan Toyota Agya justru tidak dilirik konsumen lelang.

"Paling bagus pejualannya Toyota 55%, kedua Daihatsu 19%, Suzuki 7%, Mitsubishi 5%, dan Nissan 5%, dan merek kendaraan lainnya 9%," ungkap Bady Qadarsyah, Operation Head AUKSI dalam diskusi virtual AUKSI bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Rabu (12/8).

2 dari 3 Halaman

Untuk mobil paling laris pada setiap lelang AUKSI adalah jenis MPV. Mobil sejuta umat, Toyota Avanza adalah yang paling laku dengan persentase terjual mencapai 30%, lalu diikuti Innova 19%, serta Gran Max 12%.

Saudara kembar Avanza, Daihatsu Xenia mengisi 5% penjualan lelang, disusul kemudian oleh APV Luxury 5%, Rush 3%, New Ertiga 2%, Grand Livina 2%, New Mobilio 2%, Terios 2 % dan model lainnya 18%.

"Unit yang kami lelang apa adanya, tidak dilakuan perbaikan terlebih dahulu. Ini yang juga menjadi tugas kami untuk menjelaskannya kepada masyarakat. Setiap tahunnya kami melakukan lelang di tempat umum, seperti di mall dan juga pusat perbelanjaan lainnya bukan di kantor kami. Hal ini yang kami jadikan edukasi kepada masyarakat, seperti inilah lelang yang kami lakukan," tukas Bady.

3 dari 3 Halaman

Meski aktivitas lelang kendaraan sempat terhanti akibat COVID-19, AUKSI tercatat dari awal tahun hingga Agustus 2020 sudah melakukan 4 kali lelang.

"Kami sempat menghentikan proses lelang. Kami mematuhi himbauan dari pemerintah tersebut. Tetapi kami sudah membuka kembali lelang namun tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta lelang, dengan memberikan nomor kursi," terangnya.

Kondisi pasar lelang kendaraan mulai membaik sejak bulan Agustus ini, sehingga pihak AUKSI optimis dalam 4 sampai 5 bulan ke depan target yang ditetapkan terpenuhi.

"Maaf saya tidak menyebutkan angka untuk target tersebut, hanya minus 18% dari angka normal di tahun lalu. Angka ini yang harus kita kejar untuk memenuhi target. Dan mudah-mudahan di bulan Agustus ini kondisi lelang sudah mulai normal kembali." pungkasnya.

BERI KOMENTAR