HOME » BERITA » LEBIH DEKAT DENGAN CHRIS LESMANA, DESAINER VW TERBAIK ASLI INDONESIA

Lebih Dekat dengan Chris Lesmana, Desainer VW Terbaik Asli Indonesia

Kamis, 07 Juni 2018 21:15

Lebih Dekat dengan Chris Lesmana, Desainer VW Terbaik Asli Indonesia
Foto by astralife
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mobil produksi Jerman, Volkswagen pernah dinobatkan sebagai World Car of The Year 2012 pada New York International Auto Show. Taukah kamu ada orang Indonesia dibalik model-model mobil VW?

Adalah Christian Lesmana yang menjadi satu dari tiga perancang VW Up. Namanya melejit karena dia berasal dari Indonesia.

Melansir Astralife, desainnya, VW Up berhasil menyisihkan 34 mobil lainnya hingga akhirnya menyabet penghargaan tersebut.

Membanggakannya lagi, VW Up bukanlah satu-satunya mobil yang Chris rancang. Pria asal Bandung itu juga merancang VW New Beetle 2011 yang dijuluki The Beetle.

Foto by carmagazine.co.uk

Ceritanya, Chris adalah penggemar mobil VW sejak masih berusia remaja. Kegemarannya ini berawal dari ayahnya Tony Lesmana yang juga penggeman VW.

Bahkan dia memiliki bengkel las mobil di Bandung. Saat Chris berusia 17 tahun, Tony memberikan hadiah mobil VW hitam seri 1303 yang membuat Chris getol mengoleksi VW.

VW kodok itu lah yang menjadi eksperimen pertamanya. Chris mengoprek tampilan VW kodok tersebut. Dia merubah interior dan mengecat ulang eksterior. Kemampuannya ini juga dia pelajari dari sang Ayah.

Siapa sangka, impian Chris menjadi desainer mobil sejak kecil tercapai. Chris rela melepas kuliahnya di jurusan desain produk Institut Teknologi Bandun (1988-1991) untuk mengejar cita-citannya.

Chris meninggalkan kuliahnya di ITB untuk belajar bahasa Jerman agar bisa sekolah di Sekolah Tinggi Desain Fakultas Desain Industri jurusan desain transportasi di Pforzheim, Jerman.

Saat semester 6 di Pforzheim, Chris praktik selama 6 bulan di pabrik Volkswagen, di Wolfsburg. Karena puas dengan hasil kerja Chris, VW pun menawari pria yang pernah praktik di pabrik Audi selama dua bulan itu untuk perpanjangan masa praktik selama satu semester lagi dan menyelesaikan jenjang diplomingenieur atau setingkat master.

Setelahnya, manajemen VW menawari Chris bergabung. Tahun 1997, Chris resmi menjadi karyawan VW.

Tahun 2007, Chris bersama tim, Boris Grell perancang interior asal Slowakia dan Susanne Garken asal Jerman yang merupakan perancang warna mobil, terpilih untuk mendesain The Beetle.

Mereka mengalahkan tujuh proposal lainnya. "Pokoknya mobil ini mesti kelihatan cool," kata Chris dalam wawancara dengan majalah intern VW, Magazin 02.8.

Hasilnya? Patut untuk dikagumi. Mobil bergaya retro tersebut menjadi bintang di lantai pameran Auto Show Frankfrut dan di The Beetle Premiere berlin pada 2011.

Kini Chris bekerja di VW selama 40 jam seminggu dengan waktu istirahat selama 45 menit setiap harinya. Chris juga msaih menyimpan VW seri lama, yakni 1962. 1967. dan 1971.

 (kpl/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-6-7
detail

BERITA POPULER