HOME » BERITA » LEBIH EFISIEN MANA UNTUK JALAN MENURUN, GIGI NETRAL ATAU ENGINE BRAKE?

Lebih Efisien Mana untuk Jalan Menurun, Gigi Netral atau Engine Brake?

Ada banyak cara untuk menghemat bahan bakar, beberapa di antaranya adalah masuk gigi netral, atau melakukan engine brake.

Senin, 16 Oktober 2017 18:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Uji Konsumsi BBM (foto: Youtube Engineering Explained)

OTOSIA.COM - Beberapa cara untuk mengurangi konsumsi bahan bakar di jalan yang menurun maupun berkelok-kelok sudah sering dicoba memang, mulai dari melakukan pengereman, menurunkan gigi, sampai dengan menggunakan engine brake atau pengereman menggunakan mesin.

Nah akun YouTube engineering explain mencoba untuk membandingkan, mana yang lebih efisien bahan bakarnya antara mengerem menggunakan mesin atau dengan cara memasukkan gigi mobil pada gigi Netral. Hal tersebut berlaku untuk mobil manual maupun matic.

Kuncinya adalah, bahwa efisiensi dan penghematan bahan bakar ada di penyaluran bensin yang terjadi pada mesin. Jika memasukkan gigi mobil pada posisi Netral, saat Engineering Explained menggunakan mobil Subaru crosstrek manual, konsumsi bahan bakarnya mencapai 23 km/liter.

Namun uniknya, saat Jason Fenske memasukkan gigi mobil pada posisi 1 untuk jalan menurun, konsumsi bahan bakarnya justru semakin baik hingga mencapai 40 KM per liter. Maka bisa disimpulkan, bawa mobil manual akan lebih efisien jika memasukkan giginya tidak pada gigi netral untuk jalan menurun. Monggo dicoba!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR