HOME » BERITA » LEBIH LINCAH, LOTUS CIPTAKAN MOBIL BALAP UNTUK JALAN RAYA

Lebih Lincah, Lotus Ciptakan Mobil Balap Untuk Jalan Raya

Merek mobil Lotus seringkali identik dengan mobil sport kecil berbobot ringan, sehingga memiliki kecepatan melibas tikungan dengan sangat cepat.

Sabtu, 21 Oktober 2017 20:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Lotus

OTOSIA.COM - Merek mobil Lotus seringkali identik dengan mobil sport kecil berbobot ringan, sehingga memiliki kecepatan melibas tikungan dengan sangat cepat.

Saking ringannya, generasi awal Lotus Elise yang diluncurkan pada tahun 1996 hanya memiliki bobot 725 kg saja.

Mengikuti perkembangan jaman, berat Elise terus bertambah mengikuti kekuatan yang semakin besar, hingga kini mencapai 914 kg.

Meskipun angka 914 kg masih terbilang ringan, namun rupanya pada insinyur Lotus merasa sudah waktunya untuk kembali menjalankan diet ketat untuk mencapai bobot menjadi lebih ringan.

Hasilnya, pabrikan mobil sport yang berbasis di Hethel, Norfolk, Inggris tersebut memperkenalkan Lotus Elise Cup 260.

Dalam mengurangi bobot, bahan serat karbon menjadi pemain utama dengan kehadirannya pada panel bodi, cover roll hoop, penyutup mesin, serta struktur jok.

Lebih lanjut penggunaan aki lithium-ion, pelek forged-alloy, serta kaca belakang berbahan polycarbon, serta mekanisme pemindahan gearbox manual 6 kecepatan yang terpapar turut digunakan dalam mengurangi bobot.

Hasilnya, setelah diet ketat yang dilakukan, Lotus Elise Cup 260 akhirnya menembus berat seringan 862 kg saja.

Untuk perkara dapur pacu, terdapat jantung penggerak Supercharged 1.8 liter dengan daya sebesar 250 hp dan torsi sekuat 255 Nm.

Sedangkan dalam kokopitnya terdapat koncol baru, dengan grafis panel instrumen anyar, serta sistem hiburan tersambung dengan iPod dan Bluetooth.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR