HOME » BERITA » LEBIH UNGGUL MANA, LAMPU HALOGEN ATAU LED?

Lebih Unggul Mana, Lampu Halogen atau LED?

Perdebatan mengenai lampu halogen dan LED sampai saat ini masih berlanjut.

Kamis, 02 Mei 2019 17:45 Editor : Cornelius Candra
Lampu depan Suzuki Ertiga Sport (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Berbagai motor maupun mobil baru di Indonesia saat ini telah banyak yang menggunakan teknologi LED (light emitting diode) pada lampu-lampunya. Hal itu tak terlepas dari berbagai keunggulannya dibanding halogen atau bohlam biasa.

Beberapa di antaranya adalah tahan guncangan, waktu respons cepat, hemat energi, ramah lingkungan dan menghasilkan pencahayaan serta warna sinar yang baik. Inovasinya pun makin merambah dengan banyaknya pilihan warna cahaya.

"Kalau lampu LED itu sudah pasti hemat energi. Kalau halogen 35 watt, LED cuma 7 watt," kata Autovision Expert, Joe AV, di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, mengutip dari Liputan6.com, Joe juga menegaskan selain konsumsi daya yang lebih rendah, lampu LED diklaim memiliki usia jauh lebih panjang.

"Umurnya juga lebih panjang. Sebagai contoh lampu LED Autovision misalnya, bisa tahan sampai 20 ribu jam. Sementara jika lampu halogen biasanya cuma 500 jam," ujarnya.

LED merupakan komponen elektronik solid state, sehingga tahan terhadap guncangan dan mampu memiliki dimensi sangat kecil. Berarti praktis dari sisi penempatan yang tidak perlu ruangan besar.

Kelebihan lainnya, cahaya lampu LED mampu terang maksimal seketika dalam waktu kurang dari sedetik. Tidak seperti lampu HID dan xenon yang butuh waktu lebih lama hingga mencapai penerangan maksimal. Soal pendaran cahayanya pun, jauh lebih terang daripada halogen. Lampu LED untuk penerangan pada umumnya terdiri dari komponen LED chip, LED driver & pengendali suhu.

Joe juga menyatakan bahwa pembuatan lampu LED juga tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan pengemudi serta pengguna jalan lain, terutama kendaraan dari arah berlawanan.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR