HOME » BERITA » LEGENDA BADGE MERAH HONDA TYPE-R

Legenda Badge Merah Honda Type-R

Selasa, 25 April 2017 21:15

Legenda Badge Merah Honda Type-R
Foto: Honda
Editor : Fitradian Dhimas Mobil Terkait : Mobil Honda Civic Dijual

Otosia.com - Mungkin dari beberapa pemilik mobil Honda ada yang mengganti lambang ‘H’ dimobilnya dengan yang berwarna merah. Lambang ini sebenarnya bukan tanpa arti, melainkan penanda bahwa mobil tersebut adalah Honda Type-R.

Sesungguhnya, mobil yang bukan Type-R tidak diperbolehkan memakai lambang ‘H’ merah tersebut. Akan tetapi, hal tersebut dapat dimaklumi mengingat nama Honda Type-R sangatlah legendaris.

Honda NSX Type-R

Mobil pertama yang memakai nama Type-R adalah Honda NSX Type-R pada tahun 1992. Berbeda dengan Honda NSX yang lain, NSX Type-R hanya tersedia dengan warna putih yang dikenal dengan Championship White. Selain itu, Honda NSX Type-R memiliki emblem warna merah, dengan kekuatan 280 hp dari mesin V6nya, NSX Type-R hanya dijual di Jepang.

Nama Type-R kembali muncul di mobil berbeda pada tahun 1995. Lagi-lagi, hanya dijual di Jepang dengan warna putih Championship White dan lambang merah, Honda Integra Type-R DC2 memiliki performa jauh diatas Honda Integra regular.

Honda Civic Type-R EK9

Dengan sistem suspensi yang dirombak untuk mengimbangi mesin 1800cc berkekuatan 200 hp, Honda Integra Type-R menjadi raja di lintasan.

Honda Civic mendapatkan sentuhan Type-R pada 1997. Dengan resep yang sama dengan Integra Type-R, yang membedakannya dengan Integra Type-R adalah mesin milik Civic Type-R EK9 lebih kecil, 1600cc, namun memiliki keluaran tenaga yang tidak jauh berbeda dengan Integra Type-R.

Honda Integra Type-R DC2

Honda Type-R pertama yang menyebrang keluar dari Jepang adalah Honda Integra Type-R DC2 pada tahun 1998. Hampir semuanya sama dengan spefisikasi dari Integra Jepang, hanya membedakan lampu utama yang berubah menjadi dua bulatan di setiap sisinya.

Publik Eropa cukup beruntung dengan munculnya Honda Accord Euro R. Sejauh ini, ini adalah satu-satunya generasi Honda Accord yang mendapat sentuhan Type-R. Dengan bodi yang besar, datang mesin yang lebih besar pula. Mesin 2200cc menghasilkan 220 hp.

Honda Integra Type-R DC5

Dengan model Honda Integra yang diperbaharui, maka Honda Integra Type-R DC5 pun turut menyusul. Tidak main-main, Honda Integra Type-R menghasilkan tenaga sebesar 220 hp dari mesin 2000cc. Honda pun hanya menyediakannya khusus untuk Jepang.

Untuk menghibur area pasar yang lain, Honda memperkenalkan Honda Civic Type-R EP3 yang baru di Eropa. Terlebih lagi, meskipun dalam bentuk hatchback 3 pintu, Civic Type-R EP3 mendapatkan mesin yang sama dengan Integra Type-R DC5 dengan tenaga 200 hp.

Honda NSX Type-R

Honda Type-R paling ganas muncul pada tahun 2002 dengan Honda NSX Type-R. dibandingkan dengan NSX yang biasa, NSX Type-R dikurangi bobotnya, kemudian sasisnya turut diperkuat. Hal tersebut didukung dengan mesin V6 3200cc yang memuntahkan 280 hp. Dan hanya dijual di Jepang.

Untuk tahun 2007, berhubung model Civic di Eropa dan di Jepang berbeda, maka diluncurkan pula dua Civic Type-R yang berbeda. Untuk pasar Eropa, Honda memperkenalkan Honda Civic Type-R FN2 yang bermodel hatchback dengan mesin yang sama dan keluaran tenaga yang sama dengan Civic Type-R EP3. Sedangkan publik Jepang mendapatkan model sedan dari Honda Civic Type-R FD2 yang mengeluarkan 225 hp dari mesin 2000cc.

Honda Civic Type-R FD2

Sempat vakum pada tahun 2011, nama Type-R kembali pada tahun 2015 denganHonda Civic Type-R FK2 generasi keempat yang tampil dengan konsep pengembangan sebagai sebuah 'A Hot Hatch Icon Reborn: Engineered to be a race car for the road'.

Desain ekstrim Honda Civic Type-R FK2 terlihat mulai dari penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper. Selain itu juga tersedia sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders, Sporty Alloy Wheel, serta ban berukuran 235/35R19 dengan logo 'Type R'. Untuk sistem pengeremannya, All New Honda Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Honda Civic Type-R FK2

Selain desain, performa Honda Civic Type-R juga ekstim dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 310 hp pada 6.500 rpm, serta torsi maksimum sebesar 400 Nm pada 2.500 rpm, serta memenuhi standar emisi Euro 6.

Akselerasi Honda Civic Type-R FK2 juga fantastis, dimana mobil dapat mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 5.7 detik saja.

Honda Civic Type-R FK2

Honda Civic Type-R FK2 menggunakan 6 percepatan manual dan perangkat turbonya membuat mobil dapat menyentuh angka 7.000 rpm. All New Honda Civic Type-R menampilkan fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara pada pengemudi.

Nama Type-R kembali hadir saat Honda resmi meluncurkan All New Honda Civic Type-R FK8 di Geneva Motor Show 2017, Swiss. All New Honda Civic Type-R FK8 tampil dalam versi produksi massal setelah sebelumnya diluncurkan versi prototipe pada ajang Paris Motor Show 2016.

Honda Civic Type-R FK8

All New Honda Civic Type-R FK8 dibuat sebagai sebuah “hot hatch” yang mampu memberikan tingkat kesenangan berkendara yang maksimal.

All New Honda Civic Type-R FK8 mempunyai pembaruan untuk segi aerodinamika dibanding model sebelumnya, yaitu pada bagian underbody, front air curtain, lightweight rear wing serta vortex generator. Selain itu, coefficient drag-nya pun ditingkatkan agar dapat menghasilkan keseimbangan yang baik dalam berkendara.

Honda Civic Type-R FK8

All New Honda Civic Type-R FK8 menggunakan spesifikasi mesin Honda VTEC Turbo 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 320 PS dan torsi maksimum pada 400 Nm.

Sementara untuk transmisinya, menggunakan enam percepatan manual yang lebih responsif namun tetap halus saat melakukan perpindahan gigi. Sensasi berkendara sporty dapat diaktifkan dengan pilihan mode berkendara “Sport” dan juga “+R”.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-25
detail

BERITA POPULER