HOME » BERITA » LEGENDA DI BALIK NAMA DATSUN

Legenda di Balik Nama Datsun

Selasa, 18 April 2017 19:15

Legenda di Balik Nama Datsun
Foto: Deviantart
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Bagi sebagian orang, nama Datsun adalah merek mobil di tahun 1980an sebelum menjadi Nissan. Dengan kembalinya lagi merek Datsun, yang sebelumnya sudah sirna, nama Datsun kembali dengan produk yang berbeda dengan Nissan.

Awalnya di tahun 1914 Kaishinsha Motor Works milik Masujiro Hashimoto (1911-1926) menuntaskan perakitan “DAT Car”. Di tahun tersebut prototipe untuk model, DAT 31 yang disambut dengan lebih antusias.

Nama tersebut berasal, sebagian dari nama dari tiga investor. Yakni Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, dan Meitaro Takeuchi sepupu dari mantan perdana menteri yang membantu mengatur pembiayaan. sehingga nama DAT. Diterjemahkan secara kasar berarti "kelinci", "kelinci cepat", atau "sangat cepat" dalam bahasa Jepang,

Di tahun 1926 Kwaishinsha dan Jitsuyo Jidosha berkolaborasi menjadi “DAT Jidosha Seizo”. Baru pada tahun 1931 oleh DAT Jidosha Seizo untuk model baru mobil mereka dengan nama "Datson". Selanjutnya pada 1932 DAT Jidosha Seizo memperkenalkan mobil “Datsun” pertama.

Setahun kemudian, Yoshisuke Aikawa mengakuisisi Datsun dan mendirikan Nissan Motor Co. Selanjutnya, 1935 Peresmian Pabrik Yokohama, pabrik perakitan mobil Jepang pertama kalinya untuk khalayak luas yang memproduksi “Datsun 14”. Lalu 1958 Kemenangan kelas di Australian Rally, ajang balap yang menantang ketangguhan daya tahan dengan “Datsun 210”.

Pada 1958 Datsun mengekspansi pasar ke Amerika dan mengawali ekspor “Datsun 210” ke Negeri Paman Sam. Di tahun 60-an, nama Datsun cukup mengguncang pasar sportscar lewat produk 240Z.

Di Tanah Air, mobil-mobil Datsun turut mengisi pasar dengan produk sedan 120Y dan versi pick upnya, 620 di era 70-an. Sayangnya, di tahun 1984 merek Datsun dihapuskan setelah pihak prinsipal memilih merek Nissan sebagai brand global mereka.

Dan Nissan Motor Co., Ltd. Mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga , bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012.

Nama merek Datsun saat ini dikenal sebagai divisi mobil murah milik Nissan yang mulai beroperasi di Inodnesia, India, Rusia, dan Afrika Selatan pada 2014.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-20
detail

BERITA POPULER