HOME » BERITA » LEGENDA VW GOLF UNIK BERMESIN GANDA

Legenda VW Golf Unik Bermesin Ganda

Sabtu, 21 Oktober 2017 14:45

Legenda VW Golf Unik Bermesin Ganda
Foto: World Rally Blog
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Nama VW Golf lebih sering dikenal sebagai mobil hatchback yang serbaguna, terutama Golf GTI yang memiliki tenaga lebih besar.

Namun, sekencang-kencangnya VW Golf, hatchback kelahiran Wolfsburg, Jerman ini bukan tandingan Audi Quattro S1 untuk balap sekelas Pikes Peak.

Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC), juga dikenal sebagai The Race to the Clouds, adalah sebuah lomba tahunan mobil dan sepeda motor hillclimb ke puncak Pikes Peak di Colorado, AS.

Jalur tersebut menempuh jarak 12.42 mil (19,99 km) dengan jarak lebih dari 156 putaran, naik 4.720 kaki (1.440 m) dari awal di Mile 7 di Pikes Peak Highway, sampai finish pada 14.110 kaki (4.300 m).

Untuk membuktikan performa Golf, pada tahun 1985 VW menciptakan Golf spesial untuk berlomba mendaki Pikes Peak Hillclimb.

Bukan sembarang Golf, VW Golf Pikes Peak ini memiliki 2 mesin, 1 berada di balik kap mesin untuk menggerakkan roda depan, dan 1 mesin menggantikan posisi jok belakang untuk memberi tenaga pada roda belakang, sehingga mobil ini dapat bergerak dengan roda depan, roda belakang, dan 4WD.

Pada tahun 1985, masing-masing dapur pacu VW Golf mesin ganda menggunakan unit Oettinger naturally-aspirated 1.8 liter. Begitu turun menghajar Pikes Peak, rupanya mesin ini kewalahan dengan tingginya puncak yang minim oksigen untuk asupan ruang bakar, sehingga hanya mampu finis di urutan ketiga di kelasnya.

Belajar dari kesalahan, VW pantang menyerah dan kembali ke Pikes Peak di tahun 1986. Kali ini, VW Golf mesin ganda membawa 2 unit mesin turbo-1.3 liter yang diambil dari VW Lupo.

Namun sekali lagi VW masih belum berhasil menaklukkan Pikes Peak dan harus mengakui ketangguhan monster group B Audi Sport Quattro S1.

Usaha terakhir VW Golf mesin ganda di tahun 1987 untuk menaklukkan Pikes Peak semakin menjadi, dengan membangun VW Golf di atas sasis tubular yang menjadi rumah 2 unit mesin 1.8 GTi 16V.

Selain itu, mesin untuk VW Golf yang unik ini juga diberi induksi paksa berupa turbo, dan masing-masing mesin disematkan pada transmisi manual 5-percepatan karya Hewland dalam mengirim tenaga 640 hp pada keempat rodanya.

VW Golf bermesin ganda ini nyaris saja memenagi balap legendaris ini. Namun amat disayangkan, pabrikan asal Wolfsburg ini harus pulang dengan tangan hampa, setelah VW Golfnya mengalami kerusakan pada suspensi dan keluar dari lomba.

Semenjak hari itu, VW Golf bermesin ganda tersebut dipensiunkan dan hingga hari ini bersemayam di museum VW Classic.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER