HOME » BERITA » LENGKAPI FITUR MOBIL TANPA SOPIR, TOYOTA KEMBANGKAN SISTEM BANTUAN NAVIGASI

Lengkapi Fitur Mobil Tanpa Sopir, Toyota Kembangkan Sistem Bantuan Navigasi

Senin, 04 Maret 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Visualisasi teknologi Toyota (Carscoops)

OTOSIA.COM - Semua pabrikan otomotif berlomba untuk memiliki teknologi canggih untuk produknya. Seperti Toyota yang sedang mengembangkan teknologi terbaru untuk bantuan sistem navigasi.

Melansir Carscoops, TRI-AD (Toyota Research Instutite - Advanced Development) bekerja sama dengan Carmera akan menciptakan sebuah konsep pengembangan sistem navigasi yang berbasis peta kamera HD. Nantinya teknologi tersebut juga akan mampu menampilkan rambu dan infrastruktur jalan raya.

Rencana tersebut akan menjadi langkah awal bagi TRI-AD dalam mewujudkan konsep platform perangkat lunak yang mereka sebut sebagai AMP (Automated Mapping Platform). Platform tersebut akan mendukung kinerja kendaraan otonom dengan mengumpulkan data yang bersumber dari seluruh kendaraan yang ada di jalan raya dan diterjemahkan ke dalam peta HD.

"Saat ini, pengembangan peta kendaraan otonom sangat bergantung pada kendaraan pemetaan khusus yang sangat mahal dan tersedia dalam jumlah terbatas. Belum lagi membutuhkan proses manual yang panjang dan memakan waktu untuk pembuatan peta HD yang andal. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Carmera untuk menghadirkan peta HD dan memungkinkan untuk membantu mobilitas kendaraan otonom," ujar Vice President of Automated Driving TRI-AD, Mandali Khalesi.

Rencananya, kedua perusahaan akan menempatkan kamera tersebut di kendaraan uji coba Toyota dan akan mulai mengumpulkan data dalam waktu beberapa bulan ke depan di area pusat kota Tokyo.

Nantinya, kamera akan menggunakan rangkaian Toyota Safety Sense (TSS) yang dipasang oleh Toyota pada seluruh kendaraannya di seluruh dunia. Lalu, seluruh gambar dan data lainnya akan dikumpulkan melalui TSS dan diproses melalui platform Carmera secara realtime.

Menurut pihak Toyota, tujuan utama dari pengembangan teknologi ini adalah memberikan informasi jalan dan lalu lintas yang sangat aktual dan andal ke kendaraan otonom di masa depan.

Reporter : Muhammad Ikbal

 (kpl/ikb/tys)

BERI KOMENTAR