HOME » BERITA » LENGKINGAN MERDU, SENJATA 'SIMPANAN' FORMULA E

Lengkingan Merdu, Senjata 'Simpanan' Formula E

Mungkin reputasinya belum semencolok Formula 1, tapi pesona mesin serta potensinya bisa saja jadi alternatif untuk dinikmati.

Jum'at, 13 Oktober 2017 15:30 Editor : Fajar Ardiansyah
Formula E Audi (foto: FIA FORMULA E)

OTOSIA.COM - Dengan semakin banyaknya jamur-jamur serta tunas mobil listrik yang ada di seluruh dunia, memunculkan satu pertanyaan: Apakah akan ada kompetisi Adu cepat antara mobil listrik di dunia dengan skala besar?

Jawabannya, sudah ada. Pakan dalam skala masif, Formula E adalah salah satu balapan yang paling tinggi image nya di antara mobil listrik yang dikompetisikan. Balap mobil listrik yang satu level dengan Formula 1 ini jelas punya daya pesona yang berbeda dibandingkan dengan Formula 1 konvensional.

Memang jika dibandingkan secara reputasi masih jauh, tapi formula e punya pesona yang tidak akan bisa dimiliki oleh Formula 1. Salah satunya adalah keberadaan mesin listrik yang mampu menghasilkan suara berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan mesin dari Formula 1 misalnya.

Mesin Formula 1 Jika dikendarai di trek, maka akan menghasilkan suara yang menggelegar seperti pesawat terbang. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa mesin Formula 1 bisa mengimbangi suara F16. Di sisi lain, Formula E yang menggunakan murni mesin listrik memiliki suara yang lebih melengking namun halus.

Hal ini dikarenakan memang mekanisme mesin listrik yang tidak menggunakan minyak, sehingga tidak terjadi pembakaran yang menghasilkan letupan pada mesin. Namun lebih seperti yang terjadi pada mobil Tamiya. Dimana suara akan dihasilkan oleh lengkingan mesin. Berikut contohnya!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR