HOME » BERITA » LEWAT MESIN TURBO, NISSAN BERHASIL JAWAB TANTANGAN INDUSTRI OTOMOTIF DI ERA 70-AN

Lewat Mesin Turbo, Nissan Berhasil Jawab Tantangan Industri Otomotif di Era 70-an

Nissan meluncurkan Cedric atau Gloria 430, sebagai sedan mewah pertama yang disematkan mesin turbo di pasar Jepang

Rabu, 22 Juli 2020 16:45 Editor : Ahmad Muzaki
Lewat Mesin Turbo, Nissan Berhasil Jawab Tantangan Industri Otomotif di Era 70-an
Sejarah Cedric-Gloria 430 (Nissan)

OTOSIA.COM - Nissan pernah menghadirkan tren mesin turbo di Jepang pada medio 1970-an. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan regulasi baru terkait gas buang dan efisiensi bahan bakar yang cukup ketat.

Berdasarkan siaran pers yang dilansir dari Liputan6.com, pada 1979, Nissan meluncurkan Cedric atau Gloria 430, sebagai sedan mewah pertama yang disematkan mesin turbo di pasar Jepang.

Langkah berani Nissan dengan mesin turbo ini, tidak hanya menghasilkan tenaga besar dari kapasitas mesin yang kecil, tapi juga teknologi hemat bahan bakar.

Lewat terobosan itu, Nissan berhasil mendapatkan sertifikasi pemerintah di bawah regulasi yang ketat pada masanya.

1 dari 1 Halaman

Berbicara spesifikasi mesin, unit turbo L20ET berkapasitas 2.0 liter ini pertama kali disematkan di Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada Desember 1979, sebagai yang pertama di pasar Jepang.

Inovasi yang dilakukan Nissan ini membuat Cedric dan Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979.

Pada awalnya, penemuan-penemuan seperti ini terlihat mustahil sampai akhirnya karyawan-karyawan Nissan berinovasi dan berhasil mewujudkannya.

Berdasarkan kesuksesan dan semangat masa lalu tersebut, Nissan hingga kini terus melakukan inovasi teknologi untuk menyongsong masa depan.

BERI KOMENTAR