HOME » BERITA » LEWATI SELEKSI KETAT, PEREMPUAN TANAH JAHANAM WAKILI INDONESIA DI PIALA OSCAR 2021

Lewati Seleksi Ketat, Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Piala Oscar 2021

Setelah melewati seleksi yang ketat, film Perempuan Tanah Jahanam terpilih menjadi wakil Indonesia untuk ajang Piala Oscar 2021.

Selasa, 10 November 2020 19:58 Editor : Redaksi Otosia
Lewati Seleksi Ketat, Perempuan Tanah Jahanam Wakili Indonesia di Piala Oscar 2021
Perempuan Tanah Jahanam (Twitter/MarissaAnita)

OTOSIA.COM - Pada penyelenggaraan ajang Academy Awards 93 atau Piala Oscar 2021, Indonesia mewakilkan satu filimnya, yakni Perempuan Tanah Jahanam. Film garapan sutradara Joko Anwar bersama Base Entertainment, Ivanhoe Pictures, CJ & EM division dan Rapi Films itu sebelumnya harus melalui seleksi ketat.

Proses seleksi film Indonesia untuk Piala Oscar ke-93 berlangsung di tengah situasi krisis kemanusiaan terbesar yang dialami seluruh dunia di berbagai bidang kehidupan, yakni pandemi Covid-19.

"Seleksi ditandai beberapa kenyataan dampak krisis pandemi. Sampai akhirnya terpilih Perempuan Tanah Jahanam," kata Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia Garin Nugroho dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/11/2020).

1 dari 2 Halaman

Lebih lanjut Garin Nugroho mengatakan bahwa film-film Indonesia yang diseleksi untuk masuk Piala Oscar 2021 berjumlah 59 film. Kondisi ini turun 50 persen dibandingkan jumlah tahun lalau sebanyak 140 film.

Terpilihnya Perempuan Tanah Jahanam dengan judul internasional Impetigore itu diambil Komite Seleksi Oscar Indonesia dengan berbagai pertimbangan. Komite ini dibentuk pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia ( PPFI) yang terdiri 13 anggota yang diketuai Garin Nugroho.

2 dari 2 Halaman

Anggota Komite

Untuk anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia, terdiri dari Alim Sudio, Tya Subiakto, Benni Setiawan, Widyawati, Chand Parwez Servia dan Yudi Datau. Selain itu ada juga Deddy Mizwar, Zairin Zain, Hanung Bramantyo, Ilham Bintang, Sentot Sahid, serta Tittien Wattimena. 

Komite seleksi ini mulai bekerja 10 September 2020 lalu.

Penulis: Aditia Saputra

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR