HOME » BERITA » LG BERMINAT KEMBANGKAN MOTOR LISTRIK DI INDONESIA

LG Berminat Kembangkan Motor Listrik di Indonesia

LG Chemical akan berkolaborasi dengan delapan perusahaan motor listrik dalam pengembangannya

Kamis, 09 Januari 2020 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
LG Berminat Kembangkan Motor Listrik di Indonesia
Motor listrik Viar Q1 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - LG Chemical berencana ikut dalam pilot project pengembangan sepeda motor listrik di Indonesia. Salah satu yang akan dilakukan oleh perusahaan terkemuka asal Korea Selatan ini adalah penyedian baterai motor elektrik dengan skema battery swap.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita seusai melakukan pertemuan dengan direksi LG Chemical di Jakarta, Rabu (8/1), LG Chemical dapat berkolaborasi dengan delapan perusahaan motor listrik dalam pilot project tersebut.

Kedelapan perusahaan motor elektrik yang berpotensi ikut berpartisipasi dalam proyek tersebut, yaitu PT Wijaya Karya Tbk/WIKA (Gesit), PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Juara Bike (Selis), PT Migo Ebike Success (MIGO), PT Green City Traffic (ECGO), PT Terang Dunia Internusa (United), PT Tomara Jaya Perkasa (Tomara), dan PT Volta Indonesia Semesta (Volta).

"Untuk pilot project battery swap, akan memanfaatkan fasilitas charging di BSD Serpong, BPPT Serpong, dan BPPT Jakarta. Kemudian, LG Chemical dan partner lokal akan membangun fasilitas swap dan charging di Jakarta dan Tangerang," papar Agus.

1 dari 1 Halaman

LG Berminat Kembangkan Motor Listrik di Indonesia

Pemerintah Indonesia menargetkan sekitar 20 persen dari total produksi nasional atau sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025 adalah sepeda motor listrik. Dari jumlah tersebut, diharapkan terjadi peningkatan hingga tahun 2029. Sehingga, pada 2030 Indonesia diproyeksikan menjadi pusat kendaraan listrik di kawasan ASEAN

Sebelumnya, ketika melakukan kunjungan kerja ke Seoul pada November lalu, Menperin AGK sempat melakukan one on one meeting dengan direksi LG Chemical.

Pada pertemuan tersebut, korporasi raksasa asal Negeri Ginseng itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor dalam mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

?LG berniat untuk melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,? tukasnya.

BERI KOMENTAR