HOME » BERITA » REVIEW: LIBAS MEDAN OFF-ROAD BUKIT HAMBALANG BARENG YAMAHA WR155R

Review: Libas Medan Off-Road Bukit Hambalang Bareng Yamaha WR155R

Meski pendatang baru, Yamaha WR155R patut dipertimbangkan.

Selasa, 18 Agustus 2020 12:15 Editor : Cornelius Candra
Review: Libas Medan Off-Road Bukit Hambalang Bareng Yamaha WR155R
Yamaha WR155R (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Pada penghujung 2019 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah merilis terbarunya, Yamaha WR155R. Motor trail ini dihadirkan untuk melengkapi line-up mereka di kelas 150 cc.

"Yamaha terkenal dengan DNA sport. Jadi memang Yamaha WR155R ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan sport konsumen di Indonesia, tentunya setelah ada sportbike, baik yang fairing maupun naked," ujar Anton Widiantoro, Manager Public Relation PT YIMM.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 kemarin (17/8), PT YIMM mengajak sejumlah awak media, termasuk redaksi Otosia, untuk menjajal langsung Yamaha WR155R, baik secara on-road, di jalan aspal, maupun off-road.

Untuk medan on-road, kami mengendarai Yamaha WR155R dari Yamaha Flagship Shop di Cempaka Putih sampai Sirkuit Sentul, Bogor. Di aspal, motor trail ini memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Pasalnya, transmisinya menggunakan 6 percepatan sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi.

1 dari 3 Halaman

Selain itu, mesin Yamaha WR155R dilengkapi pendingin cairan yang membuatnya tidak terlalu panas. Tapi, akselerasinya cenderung mantap lantaran menggunakan rasio gir yang cukup besar, 14T di depan dan belakang 51T.

Terlahir sebagai motor trail bukan berarti Yamaha WR155R tidak nyaman digunakan untuk melibas jalanan aspal. Pasalnya, tingkat peredaman suspensi belakangnya bisa diatur sehingga mampu memenuhi kebutuhan serta selera pengendaranya.

Hanya saja, Yamaha WR155R ini menggunakan ban trail keluaran IRC. Penggunaan ban off-road ini memang kurang cocok untuk jalanan aspal. Dengan tekanan 22 psi, masih terasa ada sliding ketika menikung cukup tajam dalam kecepatan yang relatif tinggi.

Ketika mulai melibas medan off-road di Bukit Hambalang, semua desain dan keunggulan Yamaha WR155R. Posturnya yang jangkung bisa menyelamatkan mesin dan pengendaranya dari lontaran batu-batu kecil. Foot-step bergerigi juga mampu memberikan cengkeraman yang baik ke kaki pengendara, sehingga lebih percaya diri ketika perlu berdiri.

2 dari 3 Halaman

Penggunaan gear-ratio yang cukup besar juga membuat akselerasi Yamaha WR155R terasa ringan. Kami tak menemui kendala sama sekali ketika harus bertemu tanjakan yang curam, atau pun melibas medan dengan batuan-batuan lepas.

Suspensi Yamaha WR155R mampu berkendara off-road terasa menyenangkan. Meski masih berkonfigurasi teleskopik, suspensi depan motor trail ini memberikan peredaman yang lembut, begitu pula bagian belakangnya. Mengendalikan motor ini juga tak terlalu sulit karena stang yang cukup lebar.

Di atas kertas, Yamaha WR155R mendapat asupan tenaga sebesar 16,5 hp dengan torsi maksimum 14,3 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh mesin 1-silinder 155 cc SOHC liquid-cooled berteknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Tenaganya terbilang cukup untuk penggunaan di jalanan aspal. Sedangkan torsi puncak yang cepat diraih, di 6500 rpm, sangat cocok ketika bertemu medan off-road. Belum lagi dengan hadirnya fitur VVA yang membuat daya Yamaha WR155R terasa lebih mantap ketika mesin berputar di atas 6.000 rpm.

3 dari 3 Halaman

Medan off-road dengan rute Bukit Hambalang - Goa Garunggang terasa menyenangkan untuk dilibas berkat performa tersebut. Tidak terasa mesin yang terlalu memaksakan diri, tapi tetap agresif. Performanya yang tidak terlalu liar membuat Yamaha WR155R mudah untuk dikendalikan.

Penggunaan rem cakram berdiameter 240 mm di depan dan belakang 220 mm juga memberikan perlambatan yang baik. Menuruni trek yang curam pun terasa lebih aman dan percaya diri. Sistem ini juga mampu bekerja dengan baik ketika digunakan untuk melibas jalanan aspal.

Secara keseluruhan, Yamaha WR155R mampu memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, baik saat melibas medan off-road maupun on-road. Meski terbilang pendatang baru, motor ini memberikan ancaman yang nyata bagi para rivalnya, Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150.

Bagi Otolovers yang ingin meminang Yamaha WR155R, bisa menyiapkan budget sebesar Rp36,9 juta (OTR Jakarta). Motor trail ini hanya tersedia dalam 2 pilihan warna, yaitu Yamaha Black dan Yamaha Blue.

BERI KOMENTAR