HOME » BERITA » LIBUR AKHIR TAHUN, JANGAN LUPAKAN 3 HAL INI SAAT MELAKUKAN PERJALANAN JAUH

Libur Akhir Tahun, Jangan Lupakan 3 Hal Ini saat Melakukan Perjalanan Jauh

Melakukan perjalanan jauh saat berlibur akhir tahun perlu persiapan yang baik, termasuk mengenali rute dan mewaspadai kondisi jalan.

Jum'at, 04 Desember 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Libur Akhir Tahun, Jangan Lupakan 3 Hal Ini saat Melakukan Perjalanan Jauh
Ilustrasi berkendara (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Tahun 2020 dalam beberapa minggu ke depan akan berakhir. Menjelang akhir tahun tidak sedikit masyarakat yang berlibur ke luar kota dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Melakukan perjalanan jauh memerlukan perencanaan baik, termasuk kesiapan kendaraan, apalagi di saat musim penghujan seperti ini. Dengan mempersiapkan diri dan kendaraan dengan baik, setidaknya membuat perjalanan liburan menjadi lebih aman dan nyaman.

Menurut Don Seco, offroader yang juga pehobi petualangan adventure, sedikitnya ada 3 hal yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan jauh. Berikut 3 poin penting ketiga melakukan perjalanan ke luar kota:

1 dari 4 Halaman

1. Mewaspadai kondisi jalan dan pengendara.

Pengguna jalan dianjurkan untuk mengecek rute perjalanan terlebih dahulu sebelum memulai berangkat. Pengetahuan akan kondisi dan medan tempur di perjalanan sangat diperlukan untuk mengantisipasi, dan mematangkan persiapan saat berkendara.

Kondisi jalan juga erat kaitannya dengan pengunaan ban. Misalnya jika medannya berat, dapat memilih ban tipe Mud Terrain, apabila medan sedang atau tidak terlalu berat, bisa pakai jenis All Terrain.

Namun untuk kebutuhan sehari-hari di dalam kota yang direkomensasikan adalah tipe ban Highway Terrain.

2 dari 4 Halaman

Jika ingin mengganti ban terlebih dahulu, dianjurkan tidak mengubah spesifikasi atau tipe ban yang telah diberikan oleh pabrikan mobil. Banyak pengendara sengaja mengubah atau memodifikasi ban dengan memperkecil atau menipiskan tanpa menyadari risiko keselamatan yang ditimbulkan.

Ia juga mengingatkan agar ekstra hati-hati dan memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain seperti pesepeda atau pejalan kaki.

?Mental dan kondisi kesehatan pengendara juga harus siap, sehat, dan stabil supaya fokus saat berkendara,? kata Don Seco.

3 dari 4 Halaman

2. Menjaga jarak

Menjaga jarak juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan setiap pengendara. Apalagi saat ingin mendahului kendaraan lain, diharapkan dapat melakukannya dengan aman dan tertib.

"Bahkan saat melakukan konvoi menuju lokasi tertentu, dianjurkan untuk memperlambat laju kendaraan," imbuhnya.

4 dari 4 Halaman

3. Perlengkapan berkendara yang tepat

Bagi pemotor, menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang. Sedangkan untuk pengguna mobil, sabuk pengaman wajib digunakan untuk meminimalisir resiko saat terjadi kecelakaan.

Selain itu, seringkali pengendara lupa untuk mengecek kondisi kendaraan secara berkala. Pemeriksaan dan perawatan kendaraan sangat diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi kendaraan apakah layak jalan atau malah butuh penggantian komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama digunakan.

BERI KOMENTAR