HOME » BERITA » LIBUR TAHUN BARU, INI JADWAL PELAYANAN SIM

Libur Tahun Baru, Ini Jadwal Pelayanan SIM

Pemegang SIM yang masa berlakunya habis, tetap bisa mengurus perpanjangan hingga 31 Desember 2020.

Rabu, 30 Desember 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Libur Tahun Baru, Ini Jadwal Pelayanan SIM
Petugas memperlihatkan Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pengemudi kendaraan bermotor saat peluncuran di Jakarta, Minggu (22/9/2019). Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk pengemudi kendaraan ber

OTOSIA.COM - Setiap pengendara kendaraan bermotor diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Pemilik SIM pun harus melakukan perpanjangan setiap lima tahun sekali.

Sebab jika pemilik SIM sampai lupa memperpanjang, maka harus membuat baru seperti pertama kali penerbitan SIM. Lalu, bagaimana jika masa SIM habis saat libur tahun baru?

Dijelaskan Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Agung Permana, pelayanan SIM masih akan berjalan seperti biasanya. Jadi, pemegang SIM yang masa berlakunya habis, tetap bisa mengurus perpanjangan hingga 31 Desember 2020.

"Kita hanya libur saat tanggal merah saja, atau tanggal 1 Januari 2020. Selanjutnya, kita tetap buka seperti biasa," ujar Agung saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (29/12/2020).

1 dari 2 Halaman

Meskipun begitu, bagi yang masa berlaku SIM habis pada 1 Januari 2021 akan mendapatkan dispensasi satu hari.

Jadi, bisa melakukan perpanjangan pada 2 Januari 2021. Meski begitu, Agung menyarankan agar masyarakat melakukan proses perpanjangan SIM jauh sebelum masa berlakunya habis.

"Jangan tunggu sampai masa berlakunya habis, nanti malah lupa dan tidak bisa diperpanjang dan harus bikin baru. Kita juga buka sampai 31 Desember 2020, jadi tidak ada alasan untuk menunda melakukan proses perpanjangan SIM," ujar Agung.

 

2 dari 2 Halaman

SIM Keliling

Sementara itu, untuk perpanjangan SIM ini bisa dilakukan di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, atau unit yang dekat dengan domisili, baik di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, atau Jakarta Selatan.

Sedangkan bagi yang tinggal di wilayah Bodetabek, bisa melakukan perpanjangan di SIM Polres Tangerang Selatan atau Tangerang Kota.

Polres Metro Depok, Polres Metro Bekasi Kota, dan Polres Metro Bekasi Kabupaten.

Untuk pelayanan di Satpas SIM keliling juga masih bisa dimanfaatkan, dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

"Jadwal SIM keliling sama, tidak ada yang berubah," pungkas Agung.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR