HOME » BERITA » LIGHT RIDER, SEPEDA MOTOR PERTAMA HASIL 3D-PRINTING

Light Rider, Sepeda Motor Pertama Hasil 3D-Printing

Sabtu, 28 Mei 2016 18:15 Editor : Albert
Foto : APWorks

OTOSIA.COM - Sebuah anak perusahaan pembuat pesawat ruang angkasa Airbus yakni APWorks baru-baru ini berhasil mencetak sejarah baru dalam menggabungkan antara teknologi dunia percetakan digital dengan dunia otomotif.

Perusahaan ini berhasil mencatatkan namanya dalam pembuatan sepeda motor pertama kali dengan menggunakan teknologi mesin cetak 3D yang berbuah sebuah sepeda motor unik yang dinamakan Light Rider.

Desainnya yang unik menyerupai jaringan tulang pada makhluk hidup ini terbuat dari bahan aluminium alloy yang biasa digunakan dalam industri pembuatan pesawat terbang. Light Rider sendiri merupakan sepeda motor listrik dengan penggerak mengandalkan rotor dan baterai.

Bahan istimewa ini merupakan senyawa aluminium yang sangat ringan namun memiliki daya kekuatan yang sebanding dengan titanium. Tak heran jika Light Rider ini memiliki berat keseluruhan hanya sekitar 35 kg saja.

Mesin listriknya sendiri menggunakan sumber tenaga baterai dengan daya 6 kW yang setara dengan tenaga 8 hp. Dalam sekali isi daya baterai ini mampu menjalankan Light Rider sejauh 60 km. Torsi yang dihasilkannya mencapai 130 Nm dengan akselerasi 0-45 km/h hanya dalam hitungan 3 detik. Kecepatan maksimalnya sekitar 80 km/h.

APWorks sejauh ini masih hanya memproduksi 50 unit Light Rider saja. Satu unitnya dijual dengan harga 50.000 atau setara Rp 750 jutaan, sebuah harga fantastis untuk menebus teknologi terkini.

(kpl/abe)

BERI KOMENTAR