HOME » BERITA » LIVE NOW: OTO TALKS! PILIH IKUT UJI EMISI ATAU DITILANG?

LIVE NOW: OTO Talks! Pilih Ikut Uji Emisi atau Ditilang?

Pemerintah DKI Jakarta mewajibkan seluruh kendaraan dengan usia lebih dari 3 tahun untuk mengikuti uji emisi. Pemerintah juga sudah menyiapkan sanksi bagi siapapun yang tak mengikuti aturan tersebut.

Jum'at, 22 Januari 2021 19:00 Editor : Dini Arining Tyas
OTO Talks! Edisi Jumat, 22 Januari 2021 (Otosia)

OTOSIA.COM - Semua kendaraan yang dipakai beroperasi di DKI Jakarta wajib lulus uji emisi. Aturan itu berlaku untuk kendaraan roda-2 maupun roda-4 dengan usis lebih dari 3 tahun. Lalu apa yang terjadi jika tidak mengikuti atau tetap memakai kendaraan yang tidak lulus uji emisi kendaraan?

Menurut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, pemilik kendaraan bermotor akan dikenai disinsentif atau sanksi berupa tilang atau tarif parkir tinggi. Besaran denda tilang itu juga tidak main-main.

Sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, denda maksimal yakni Rp 250.000 untuk sepeda motor dan Rp 500.000 untuk mobil. Terlepas dari besaran denda tersebut, seberapa pentingkah uji emisi kendaraan?

Otosia akan membahas lebih dalam mengenai uji emisi kendaraan bersama dengan Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin melalui live Instagram OTO Talks! yang bisa ditonton di sini.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR