HOME » BERITA » LIVE NOW! OTO TALKS: RENCANA TILANG MANUAL DITIADAKAN, TILANG ELEKTRONIK SUDAH EFEKTIF?

LIVE NOW! OTO Talks: Rencana Tilang Manual Ditiadakan, Tilang Elektronik Sudah Efektif?

Penerapan tilang elektronik atau ETLE rencananya akan dilakukan di seluruh Indonesia dengan meniadakan tilang manual yang dilakukan oleh polisi lalu lintas. Apakah hal itu bisa efektif?

Kamis, 11 Februari 2021 19:00 Editor : Dini Arining Tyas
OTO Talks! Wacana Polisi Tak Lagi Tilang Pelanggar, Efektifkah?

OTOSIA.COM - Sistem penilangan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE sudah diterapkan sejak beberapa tahun lalu. Bermula di DKI Jakarta, sistem tilang elektronik ini rencananya akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Rencana tilang elektronik secara nasional itu disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dengan sistem tilang elektronik ini, maka sistem tilang manual yang biasa dilakukan oleh polisi lalu lintas juga direncanakan akan ditiadakan.

Penerapan tilang elektronik ini dirasa lebih efektif daripada tilang manual. Selain itu penerapan tilang elektronik juga dianggap bisa meminimalisir praktik suap yang dilakukan oleh pelanggar dengan oknum polisi.

Sementara itu, saat awal rencana itu disampaikan, Listyo Sigit menginginkan polisi lalu lintas melakukan tugas lainnya yakni hanya perlu mengatur lalu lintas tanpa melakukan penilangan jika ada pengenadra yang melanggar aturan. Pasalnya, para pelanggar secara otomatis tertilang menggunakan ETLE.

Pada 15 Maret 2019 lalu, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat adanya penurunan pelanggar lalu lintas sekitar 60 persen hingga 70 persen. Meski begitu, akankah ETLE benar-benar efektif jika diterapkan tanpa adanya sistem tilang manual dari petugas di jalan raya?

Kemungkinan itu dibahas dalam OTO Talks! Wacana Polisi Tak Lagi Tilang Pelanggar, Efektifkah? bersama Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuh. Tonton OTO Talks! sekarang di sini.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR