HOME » BERITA » LOCKDOWN CORONA COVID-19, INI TIPS JAGA KONDISI MOTOR

Lockdown Corona Covid-19, Ini Tips Jaga Kondisi Motor

Tetap jaga kondisi motor meski beraktivitas di rumah akibat pandemi corna Covid-19.

Selasa, 31 Maret 2020 22:15 Editor : Cornelius Candra
Lockdown Corona Covid-19, Ini Tips Jaga Kondisi Motor
Bimmer Motorcycle Specialist (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Pemerintah pusat sejak beberapa pekan lalu telah menyarankan masyarakat Indonesia untuk Work From Home (WFH) atau beraktivitas dari tempat tingggal masing-masing. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran corona Covid-19.

Tentu ada efek negatif dari keputusan tersebut, terlebih pada kendaraan. Seperti dijelaskan oleh Susandy Sumargo, Susandy Sumargo, pemilik Bimmer Motorcycle Specialist, salah satu bengkel spesialis produk BMW Motorrad di Jakarta, motor yang jarang dipakai akan cepat rusak.

"Motor kalau tidak dipakai itu malah cepat rusak. Karena komponen yang seharusnya bergerak, tapi dia tetap diam, akhirnya jadi kaku," jelas pria yang lebih akrab disapa Sandy itu.

1 dari 1 Halaman

Karena itu, Sandy menyarankan agar motor tetap dihidupkan setiap hari atau dipanasi. Fungsinya ialah menjaga pelumasan pada mesin, serta aki tetap terisi untuk menjaga kondisi sistem kelistrikan.

"Tapi sebenarnya tak cukup dipanasi dalam keadaan diam. Jadi motor itu tetap harus diajak jalan, agar semua sistemnya tetap gerak, terlebih kaki-kakinya. Tapi kalau kondisinya seperti ini, dipanasi saja tidak masalah, " tambahnya.

Sandy pun menyarankan untuk tetap menjaga kebersihan motor. Hindari mencuci motor dengan semprotan bertenaga tinggi agar air tidak masuk secara perlahan ke sistem kelistrikan.

BERI KOMENTAR