HOME » BERITA » LOCKDOWN DISEBUT BUAT KONSUMEN MAKIN SETIA DENGAN MEREK MOBIL

Lockdown Disebut Buat Konsumen Makin Setia dengan Merek Mobil

Penurunan penjualan dialami oleh hampir semua pabrikan otomotif. Namun, di tengah pandemi didapati bahwa konsumen semakin loyal.

Kamis, 22 Juli 2021 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Lockdown Disebut Buat Konsumen Makin Setia dengan Merek Mobil
Lexus (Carbuzz)

OTOSIA.COM - Sepanjang tahun 2020 hingga pertengahan tahun 2021 bisa dibilang menjadi tahun-tahun tersulit. Termasuk bagi para produsen mobil.

penjualan turun drastis, terlebih dengan adanya lockdown untuk menangani pandemi COVID-19. Namun sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh J.D. Power berjudul 2021 US Automotive Brand Loyalty Study. Dilansir dari Carbuzz, penelitian tersebut menemukan bahwa konsumen yang membeli mobil antara Juni 2020 dan Mei 2021 lebih cenderung membeli di dealer yang sudah mereka kenal.

Hal itu juga menunjukkan bahwa pembelian mobil tetap menggunakan merek mobil yang sama. Disebut bahwa hal tersebut lantaran memudahkan pengiriman mobil baru ke rumah konsumen dan menghindari pertemuan secara fisik ke showroom yang berbeda.

1 dari 2 Halaman

(c) Carbuzz

"Selama puncak lockdown, pembeli yang tidak dapat atau tidak mau mengunjungi showroom secara langsung, tidak banyak berbelanja tetapi masih bisa menghubungi dealer dan mengirimkan kendaraan ke rumah mereka," kata Wakil Presiden Data dan Analitik J.D. Power, Tyson Jominy.

Secara umum, menurut penelitian tersebut menemukan bahwa pelanggan semakin memilih merek yang sama saat membeli mobil baru dalam periode waktu itu. Di antara merek premium, Lexus menduduki puncak daftar dengan tingkat loyalitas 51,6%, nak dari 48% pada tahun lalu. Kemudian diikuti oleh Porsche (50,2%), Mercedes-Benz (47%), BMW (45,6%), dan Audi (45,5%).

Sedangkan tingkat loyalitas untuk merek mobil massal, tertinggi adalah Sbaru (61,8%). Kemudian diikuti oleh Toyota (61,1%), Honda (59,3%), RAM (56,8%), dan Ford (53,9%).

2 dari 2 Halaman

(c) Carbuzz

Sementara itu, Jaguar adalah merek dengan tingkat loyalitas rendah, yakni hanya 17,1%. Chrysler dan Dodge juga jauh di bawah rata-rata, yakni di bawah 20%.

Namun, penemuan ini yakni adanya peningkatan loyalitas merek merupakan hasil tak terduga di tengah pandemi COVID-19. Hasil lain yang bisa dipetik dari penelitian tersebut adalah, pentingnya pelayanan dealer yang andal dan menyenangkan untuk konsumen.

BERI KOMENTAR