HOME » BERITA » LUPAKAN PERSAINGAN, BMW GANDENG DAIMLER KEMBANGKAN MOBIL OTONOM

Lupakan Persaingan, BMW Gandeng Daimler Kembangkan Mobil Otonom

2 pabrikan asal Jerman, BMW dan Daimler, melupakan persaingan mereka sejenak dan berkolaborasi dalam pengembangan mobil otonom.

Senin, 04 Maret 2019 17:45 Editor : Cornelius Candra
BMW dan Daimler (Carscoops.com)

OTOSIA.COM - BMW Group dan Daimler Group baru saja mengumumkan kerja sama mereka dalam hal pengembangan teknologi kendaraan otonom. Dilansir dari Carscoops, kolaborasi ini merupakan proyek kedua dari dua pabrikan Jerman tersebut.

Pada pekan lalu, kedua pabrikan tersebut juga telah menjalin kerja sama dalam hal pembentukan perusahaan patungan untuk mobilitas perkotaan yang senilai USD1,1 miliar atau sekitar Rp15 triliunan (USD1 = Rp14.130).

Sementara itu, terkait kerja sama kedua ini, pihak BMW Group dan Daimler akan secara bersama-sama mengembangkan sistem bantuan pengemudi terbaru. Sistem tersebut akan meliputi bantuan mengemudi dan parkir otomatis.

Kerja sama ini memungkinkan kedua perusahaan untuk bisa lebih cepat memproduksi teknologi tersebut sebelum digunakan pada 2025 mendatang. Nantinya, kedua perusahaan akan menggabungkan sumber daya mereka menjadi satu platform terbuka, yang berguna mempercepat pengembangan teknologi tersebut untuk digunakan di masa depan.

Sebelumnya, BMW memang telah berencana menciptakan kendaraan otonom terbaru yang akan diaplikasikan pada SUV listrik iNext. Mobil tersebut rencananya akan meluncur pada 2021 mendatang. Serupa dengan BMW, Mercedes juga kabarnya akan menghadirkan teknologi serupa pada beberapa modelnya di awal dekade berikutnya.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR