HOME » BERITA » MAKIN MASKULIN, HARGA HONDA REBEL LEBIH MAHAL KETIMBANG HONDA BRIO

Makin Maskulin, Harga Honda Rebel Lebih Mahal Ketimbang Honda Brio

Selain Afrika Twin, Honda juga menghadirkan Rebel. Sepeda motor kustom itu menggunakan mesin yang sama dengan Honda CBR500R.

Rabu, 05 Februari 2020 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Makin Maskulin, Harga Honda Rebel Lebih Mahal Ketimbang Honda Brio
Honda Rebel (Otosia.com/Shaffa Maarij)

OTOSIA.COM - PT Astra Hona Motor (AHM) juga turut menghadirkan Honda Rebel, selain Afrika Twin. Honda Rebel hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Graphite Black, Matte Armored Silver Mettalic, dan Matte Jeans Blue Metallic.

Tampilan depannya menguarkan kesan maskulin. Semua sistem pencahayaannya menggunakan LED, baik lampu utama, lampu belakang dan sein yang berbentuk bulat. Sedangkan panel meter digital yang lebih canggih dan informatif membuatnya semakin modern.

Panel meter yang menggunakan LCD negatif dan backlight biru itu mempermudah pengemudi membaca informasi yang ditampilkan. Termasuk perpindahan gigi. Selain itu, Honda Rebel juga dilengkapi dengan fitur Assist/Slipper Clutch untuk mempermudah dan memperhalus perpindahan gigi.

"Honda Rebel tidak hanya sekedar menjadi moda transportasi bagi pengendaranya. Perubahan pada model ini kami hadirkan untuk mendukung media ekspresi bagi pecinta sepeda motor yang memiliki karakter berani namun memiliki selera modern minimalis," ujar President Director AHM, Toshiyuki Inuma.

1 dari 2 Halaman

Makin Maskulin, Harga Honda Rebel Lebih Mahal Ketimbang Honda Brio

Sistem mekanis Honda Rebel dibekali mesin 417cc 8 katup berpendingin cairan parallel silinder kembar. Mesin itu dipinjam dari Hona CBR500R. Hanya saja Honda memberikan ubahan pada pengaturan PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda. Performa tinggi pada CBR, menjadi daya terendah pada Honda Rebel. Tenaganya pun mencapai 33,5 kW pada putaran 8500 rpm dan torsi puncak 43,6 Nm pada putaran 5500 rpm.

Power unit yang disematkan akan menghasilkan kesimbangan yang baik antara ukuran fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada 67mm x 68.8mm dengan rasio kompresi 10,7;1. Bagian dalam kepala silinder menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup jenis shim untuk meperoleh bobot yang ringan, menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.

Silent (SV Chain) cam chain memiliki pin yang permukannya dilapisi dengan Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkayan perlindungan terhadap debu. Diameter katup inlet berukuran 26,0 mm dengan diameter katup buang 21,5mm.

2 dari 2 Halaman

Crankcases Honda Rebel menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves. Desain internal mengurangi ?pumping? losses yang dapat terjadi dengan 180 derajat waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam kecepatannya dirancang mudah untuk dinaikkan dan di turunkan.

Untuk mendukung tampilan low-rider, rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara. Panjang trail diset pada 110mm dengan 28 derajat rake, garpu offset suspensi dengan sudut 30 derajat dikombinasi dengan jarak sumbu roda 1490 mm, menghasilkan ketinggian 690 mm dengan jok rendah dan pijakan kaki tengan, untuk keseimbangan kemudi.

Rangka termasuk loopbelakang inovatif yang memisahkan jok dari spakbor dengan tekstur alumunium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi. Honda Rebel sendiri dibandrol seharga Rp 169,2 juta di Indonesia.

BERI KOMENTAR