HOME » BERITA » MALAS SERVIS MOTOR, 10 KOMPONEN INI BISA RUSAK

Malas Servis Motor, 10 Komponen Ini Bisa Rusak

Malas melakukan servis rutin pada sepeda motor menyebabkan beberapa bagian akan sulit terkontrol dan sedikitnya ada 10 komponen yang bisa rusak.

Minggu, 12 Juni 2022 08:00 Editor : Nazarudin Ray
Malas Servis Motor, 10 Komponen Ini Bisa Rusak
Ilustrasi servis motor di bengkel resmi (Istimewa)

OTOSIA.COM - Sepeda motor menjadi transportasi harian favorit masyarakat Indonesia lantaran dinilai praktis, simple, lebih cepat dan bisa melalui jalan-jalan kecil. Selain itu, harga dan biaya operasionalnya juga sangat terjangkau.

Meski biaya perawatan sepeda motor terjangkau, pada kenyataannya banyak pemilik motor yang masih malas untuk merawat "kuda besinya" atau enggan melakukan servis rutin ke bengkel resmi.

Padahal merawat sepeda motor secara rutin sangat dianjurkan, agar mesin awet, aman dan nyaman saat digunakan berkendara.

1 dari 2 Halaman

Menurut Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, servis rutin bertujuan untuk meremajakan mesin sepeda motor dan mengembalikan setelan-setelan setiap komponen dikembalikan ke setelan pabrik.

"Jika motor tidak dilakukan servis secara berkala, maka dapat mengakibatkan penyimpangan setelan-setelan, jarak main bebas, umur pakai dan lain sebagainya pada bagian komponen sepeda motor, baik itu dari bagian mesin maupun bagian lainnya seperti sasis dan kelistrikan," ungkap Ade.

2 dari 2 Halaman

Membersihkan saringan udara (Istimewa)

Berikut bagian-bagian yang tidak terkontrol dan bisa menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan servis secara rutin adalah sebagai berikut:

1. Keausan kanvas rem depan
2. Keausan kanvas rem belakang
3. Keausan ban luar depan
4. Keausan ban luar belakang
5. Renggang celah klep
6. Kebersihan throttle body/karburator
7. Kebersihan & umur pakai saringan udara
8. Kinerja sistem pendingin & kapasitas air radiator
9. Jarak main bebas rantai roda
10. Tekanan angin pada ban dan masih banyak lagi.

"Jika sepeda motor jarang dilakukan servis tentunya lambat laun kondisi motor akan mengalami penurunan performa yang terkadang tidak disadari oleh pemiliknya," imbuh Ade.

BERI KOMENTAR